Ada Angin PDIP, Nasdem, PKB dan Golkar akan Berkoalisi di Pilkada Sumbar 2020

Kepala Bidang Organisasi PDI-P, Yeni S Tanjung
Kepala Bidang Organisasi PDI-P, Yeni S Tanjung (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Bidang Organisasi Yeni S Tanjung mengatakan, pilkada 2020 nanti koalisi antara empat hingga lima partai dengan PDIP akan terulang kembali.

Empat partai yang berkemungkinan akan kembali berkoalisi tersebut diantaranya, PDIP dengan Nasdem, Golkar, PKB, dan bahkan Hanura. Dalam pandangan internal partai besutan Megawati Soekarno Putri ini, koalisi dengan sejumlah partai tersebut akan terulang kembali.

"Karena melihat komunikasi dan hubungan yang terus terjalin, misalnya saja hubungan Febby dt Bangso dengan Alek Hendra Lukman, dengan Nasdem dan partai lainnya," kata Yeni, Senin 9 Desember 2019 di Padang.

Baca Juga

Meskipun begitu, kata Yeni PDIP tidak anti atau alergi dengan partai lainnya. Sebab, di internal partai selalu ditanamkan agar kader mencair dengan partai lainnya.

Daerah tidak selaras, misalnya saja dulu PDIP pernah dengan Demokrat di Kabupaten Solok, di Kabupaten Kepulauan Mentawai juga pernah berkoalisi dengan PKS. Artinya, tidak ada yang tidak mungkin kata Yeni karena hampir semua daerah butuh partai koalisi.

"Koalisi tidak harus sama dengan di DPD Sumbar atau pusat, tergantung kebutuhan masing-masing. Pdip sangat cair, dan tidak kaku," tegas Yeni.

Terkait calon gubernur dan wakil yang akan diusung PDIP pada pilkada 2020 mendatang, dia mengatakan saat ini masih dalam proses seleksi dan beberapa tahapan di partai.

"Kami akan usung tentunya tokoh-tokoh yang dekat dengan rakyat, rekam jejaknya juga bagus dan sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat Sumbar," tutup Yeni. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir