Seberangi Sungai Batang Hari, Demi Bantu Korban Banjir Nagari Lubuk Olang Aling

(Ist)

SOLOK SELATAN, KLIKPOSITIF -- Deras air sungai aliran Batang Hari tidak menyurutkan tekat tim kebencanaan untuk pengantar bantuan untuk korban banjir di Nagari Lubuk Olang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan yang dihantam banjir pada Junat 13 Desember 2019.

Rombongan yang berjunlah 30 orang itu dipimpin oleh orang nomor dua di Kabupaten itu tak gentar menghadang maut untuk mengantarkan bahan makanan untuk 700 Kepala Keluarga yang terkena banjir.

Jalur sungai yang ditempuh menguras mental. Derasnya air sungai Batang Hari menyambut kedatangan penghantar bantuan di Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari.

Baca Juga

"Kami berangkat menggunakan sampan dengan mesin yang tidak terlalu besar dan menyusuri aliran sungai," ujar Wakil Bupati Solok Selatan, Abdurrahman.

Aliran sungai itu mengantarkan rombongan menuju Jorong Talantam, Nagari Lubuak Aliang Selatan, Kecamatan Sangir Batang Hari.

"Menempuh jalur itu lebih dari dua jam. Saya bersama tim sampai di lokasi sekitar pukul 16.00 WIB kami sampai di lokasi," lanjutnya.

Senyum sumringah dari masyarakat menyambut kedatangan rombongan itu. Beberapa bantuan diturunkan di lokasi dan diserahkan kepada masyarakat.

"Tadi kami membawa bantuan berupa beras seberat 240 kilogram, mie instan sebanyak 10 kardus, Minyak goreng sebanyak 12 kardus, genset satu unit, sapu sebanyak 13 unit, Kasur sebanyak 10 helai dan sekop sebanyak 20 unit," lanjutnya.

Bantuan itu diserahkan kepada 80 kepala keluarga yang tak bisa melakukan apa-apa setelah banjir menghantam pemukiman mereka.

Semuanya basah, tidak satupun yang bisa diselamatkan dari genangan air yang mencapai ketinggian satu meter lebih itu.

"Hari ini kami membagi dua tim. Tim yang lain menuju Nagari Lubuk Olang Aling lainnya karena ada tiga Nagari yang terdampak banjir," sambungnya.

Siang pun berlalu, ia bersama tim langsung kembali menuju daerah Abai agar bisa kembali ke daerah Muara Labuh untuk memastikan masyarakat yang juga terdampak banjir dalam keadaan baik.

[Halbert Caniago]

Editor: Eko Fajri