Pantai Barat Sumatera Diguncang Gempa, Ini Penjelasan BMKG

Peta lokasi gempa
Peta lokasi gempa (BMKG)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pada pukul 21.49.16 WIB, Senin 16 Desember 2019, wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,5 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw=5,6.

Baca : Diguncang Gempa, Warga Padang Berhamburan ke Luar Rumah

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.09 LS dan 100.81 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 53 kilometer arah Barat Daya Kota Mukumuko, Bengkulu pada kedalaman 54 kilometer.

Baca Juga

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Ia menjelaskan, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Mukomuko, Padang, Painan III-IV MMI, Kepahiang, Bengkulu, Kerinci, Padang Panjang III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Menurutnya, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Rahmat Triyono melanjutkan, hingga pukul 21.59 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Iwan R