11 Jam Tertimbun Material Longsor, Jalur Bukittinggi-Medan Kini Sudah Lancar

Longsor yang terjadi di kawasan Palupuah Agam
Longsor yang terjadi di kawasan Palupuah Agam (Dokumentasi Polsek Palupuah)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Sempat ditutupi material longsor selama 11 jam, akhirnya jalur Bukittinggi-Medan kembali lancar setelah petugas berjibaku membersihkan material longsor tersebut, Jumat 20 Desember 2019. Arus lalu lintas mulai lancar sekitar pukul 10.00 WIB.

Kapolsek Palupuh Iptu Syafri mengatakan bahwa longsor itu terjadi di dua titik dengan ketinggian dua meter, panjang lima meter di Jalan Bukittinggi-Medan KM 11 serta di kilometer 12 Jorong Batang Palupuah Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam pada hari Kamis (19/12/2019) sekira pukul 23.15 WIB.

Menurutnya, longsor tersebut terjadi karena hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Agam dan Bukittinggi, sehingga tebing dan batang pohon tumbang. Kejadian itu mengakibatkan separuh akses jalan tertimbun material longsor yang terdiri dari tanah dan batang pohon. Meski demikian, arus lalu lintas masih bisa dilewati walau dengan sistem buka tutup.

Baca Juga

Kapolsek Palupuah melanjutkan, dirinya telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Agam, kemudian Kapolsek bersama personil Polsek Palupuh dan anggota Babinsa Danramil 12 Palupuh melakukan pembersihan material yang menghambat akses jalan menggunakan alat berat dari Lubuk Sikaping.

"Keesokan harinya, atau pada Jumat (20/12/2019) sekira pukul 10.00 WIB, pembersihan material longsor sudah dapat diatasi menggunakan alat berat dari PU Propinsi Sumbar dan arus lalu lintas telah dapat dilewati dengan lancar dari Bukittinggi menuju Pasaman dan sebaliknya. Akibat kejadian longsor tersebut, tidak ada korban jiwa," tutupnya. (*)

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Iwan R