Potensi Energi Panas Bumi Sumbar Capai 1700 Megawatt

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumatera Barat Hery Martinus
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumatera Barat Hery Martinus (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumatera Barat Hery Martinus mengatakan potensi ESDM di Sumbar tahun 2020 masih sama dengan tahun sebelumnya. Potensi itu masih di energi panas bumi yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sumbar.

"Untuk 2020 ada sekitar 1700 megawatt energi dari panas bumi. Yang sudah di eksploitasi ada di dua daerah yakni di Solok Selatan berkapasitas 80 megawatt oleh PT Surprime Energi. Ini akan beroperasi awal tahun ini. Kemudian untuk energi yang sudah dan telah beroperasi serta juga sempat terhenti tahun ini adalah PT Itai yang ada di Kabupaten Solok dengan kapasitas 20 megawatt. Namun saat ini masih menunggu perkembangan lagi untuk dilanjutkan," katanya di Padang, Rabu, 8 Januari 2020.

Ia mengatakan untuk yang sudah dilelang ada di daerah Bonjol Kabupaten Pasaman dengan kapasitas 90 megawatt. "Ini dimenangkan oleh PT Medco," jelasnya.

Baca Juga

Menurutnya dengan potensi itu, pengembangan energi terbarukan juga membantu dalam memenuhi kebutuhan energi di sumbar. "Sehingga energi terbarukan diharapkan bisa menjadi hal yang bisa diberdayakan dengan baik," tuturnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat, Benny Utama mengatakan energi terbarukan yang bisa dikembangkan di Sumbar menjadi hal yang sangat baik. "Kita memiliki potensi hingga 2000 lebih dari ini yang tersebar di kabupaten/kota yang bisa diberdayakan dengan baik. "Sehingga kedepan kita perlu sungguh-sungguh dalam menanganinya secara bersama-sama. Dengan target nasional 35 ribu megawatt. Tidak mungkin jika Sumbar bisa menyumbang 1000 megawatt dari potensi yang ada," jelasnya.

Ia berharap ini bisa jadi perhatian serius pemerintah dalam mengembangkan energi terbarukan mulai tahun ini. "Sehingga semua potensi yang ada di Sumbar bisa kita manfaatkan dengan baik untuk kemaslahatan masyarakat," tuturnya. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Fitria Marlina | Editor: Rezka Delpiera