Gubernur Sumbar Ajak Forkopimda Sukseskan Agenda Besar 2020

Kepala Forkopimda saat Coffee Morning bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit
Kepala Forkopimda saat Coffee Morning bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengajak Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menyukseskan beberapa agenda besar di Sumbar yang akan dihelat tahun ini.

Ajakan itu diaplikasikan dengan Coffee Morning bersama pimpinan Forkopimda di Istana Gubernur Sumbar, Selasa, Januari 2020.

Disampaikannya, agenda besar yang akan diselenggarakannya pemilihan Kepala Daerah serentak 2020 yang akan dilaksanakan di 13 kabupaten kota dan satu pemilihan gubernur dan wakil gubernur sumbar.

Baca Juga

Pelaksanaan event tingkat nasional dan internasional, seperti Pekan Nasional Petani Nelayan (Penas) XVI yang rencananya akan diadakan tanggal 20-25 Juni 2020 di Padang Pariaman dan Kota Padang. Pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 yang digelar pada tanggal 8-11 Juli 2020. Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke XXVIII tanggal 18-26 Juli 2020 dan Tour de Singkarak di Sumatera Barat.

"Diantaranya Penas Tani-Nelayan dan Harganas, MTQ dan event lainnya. Setidaknya akan hadir 80 ribu orang dari luar daerah untuk dua kegiatan itu saja. Selaku tuan rumah, kita harus mempersiapkan, mulai dari keamanan dan kenyamanan tamu-tamu kita," ucapnya.

Gubernur menjelaskan perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Sumatra Barat akan di mulai. Maka perlu mensinergikan pada semua unsur elemen untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama Pemilu serentak 2020, sehingga suasana politik di Sumbar aman dan terkendali.

"Saya meminta kepada semua pihak untuk meminimalisir pelanggaran-pelanggaran pada Pilkada," harapnya.

Untuk di Sumbar sendiri dijelaskannya, pada 23 September selain pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Pilkada juga akan digelar di Kabupaten Solok, Dharmasraya, Solok Selatan, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Tanah Datar, Padangpariaman, Agam, Limapuluh Kota, Kota Bukittinggi, dan Solok.

Dalam diskusi tersebut membahas berbagai persoalan yang ada di tiap-tiap wilayah, menyangkut kesiapan pelaksanaan pemilu. Terutama sekali menyangkut persiapan penyelenggaraan dan kesiapsiagaan aparat keamanan dalam mengatasi potensi kerawanan pemilu.

"Kita mesti memahami kondisi dan situasi, harus memantau hari perhari perjalanan persiapapannya," tukas gubernur. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Editor: Joni Abdul Kasir