Jelang Imlek, Ratusan Lampion Hiasi Daerah Pecinaan di Padang

Terangnya lampion yang digunakan sebelum perayaan Imlek
Terangnya lampion yang digunakan sebelum perayaan Imlek (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF - H-3 perayaan Imlek ke 2571, ratusan lampion telah dipasang di daerah Pecinaan Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

"Lampion yang telah dipasang ada didalam 20 pasang, di pekarangan luar ada 306 lampion. Sedangkan untuk lilin yang besar 50 pasang, ditambahkan yang kecil jadi 100 lilin yang ada pada perayaan imlek tahun ini. Partisipasi masyarakat dalam pemasangan lampion dirumah dan bersih-bersih rumah dimulai minggu ini," ujar Humas Kelenteng See Hin Kiong, Indra Lie, Rabu 22 Januari 2020.

Ia mengatakan, lentera yang dihidupkan sejak 19 Januari hingga 8 Februari itu bermakna sebagai penerangan bagi usaha dan keluarga agar mendapat jalan yang lebih baik.

Baca Juga

Menurutnya, puncak dari perayaan imlek dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2020 mendatang yang akan dimulai dengan adanya pertunjukan Barongsai dan Tarian Naga menjelang pukul 00.00.

"Tepat pada pukul 00.00 ada sembahyang bersama pengurus dan pelepasan hewan yang bermakna perbuatan baik yang dikenal dengan istilah fang sen," katanya.

Setelah itu, perayaan imlek akan ditutup dengan cap go mei. Pada malam penutupannya juga akan dilakukan atraksi oleh delapan marga bersama tiga organisasi Tiong Hoa.

"Sebelum penutupan di tanggal 8 Februari, pada tanggal 4 Februari lie kue mengadakan ulang tahun ke 150, selanjutnya pada tanggal 7 Februari marga lim juga berulang tahun ke 150. Kedua marga ini akan mengadakan arakan qio berupa arakan yang diangkat," ujarnya.

Ia mengatakan, selain itu juga dilakukan agenda tahunan kerjasama dengan Kementerian Pariwisata, berupa sipasan sebagai bentuk semangat gotong royong oleh sekitar 300 hingga 500 orang yang telah memecahkan rekor muri.

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera