Musrenbang Desa di Pariaman Terbentur Ide, Kades Bentuk Tim Perumus

Suasana Musrenbang Desa Kampuang Baru, Pariaman
Suasana Musrenbang Desa Kampuang Baru, Pariaman (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Kampuang Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman , sudah satu hari dilakukan namun tidak jua mencapai titik kesimpulan.

Perihal itu, Kepala Desa Kampuang Baru Rasyid terpaksa mengambil langkah untuk membuat Tim Perumus Musrenbang. Dia mengatakan langkah itu diambilnya agar kesepakatan segera diselesaikan.

"Iya terpaksa kami bentuk Tim Perumus Musrenbang. Tim perumus dibentuk karena dalam musyawarah terlalu banyak usulan yang masuk dari tiga dusun," sebut Rasyid, Selasa 28 Januari 2020.

Baca Juga

Adapun tiga dusun di Desa itu yang memuat usulan yakni Dusun Utara, tengah dan selatan.

"Dasarnya, setiap dusun tersebut mempunyai andil dalam usulan ide untuk pembangunan. Namun itu tadi, banyak usulan yang masuk sementara semuanya tidak mungkin terlaksanakan," sebut dia.

Oleh karena itu, kata Rasyid lagi, untuk tidak berlama-lama dalam Musrenbang, pihaknya mencari solusi untuk menengahi ide tersebut dengan cara membentuk Tim Perumus Musrenbang.

Dikatakannya juga, Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) Desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) tahun anggaran yang direncanakan.

"Musrenbang Desa ini sangat penting sekali dilakukan apalagi demi pembangunan Desa, karena melalui rapat koordinasi masing-masing bagian dapat memberikan gagasan atau ide positif untuk kemajuan desa.

"Ada 4 bidang yang kami bicarakan dalam Musrenbang ini yaitu, Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, dan Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa," ungkap Rasyid.

Nantinya, kata dia lagi, jika Tim Perumus sudah mendapatkan ide prioritas maka akan disampaikan pada tingkat Musrenbang kecamatan.

"Masing-masing bidang tersebut sudah dibicarakan dalam rembuk dusun yang telah dilakukan oleh tiga dusun yang ada di Desa Kp.Baru yang terdiri dari, dusun utara, dusun tengah dan dusun selatan", ujarnya.

"Dari semua hasil dari rembuk dusun tersebut akan dipilih skala prioritas mana yang didahulukan dan akan dibawa untuk dibicarakan di musrenbang tingkat kecamatan nantinya", jelas Rasyid.

Saat itu, juga tampak Tim dari Pemko datang dalam Musrenbang tersebut. Rasyid berterima kasih atas kedatangan dari Tim Kota yang telah mau menghadiri Musrenbang.

Dia berharap, semoga apa yang akan dipilih oleh tim perumus bisa mendatangkan manfaat demi kesejahteraan warga masyarakat Desa Kampuang Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman .

Baca Juga
Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Rehasa | Editor: Haswandi