Potensi Zakat Kabupaten Solok Capai Rp25 Miliar per Tahun

Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu menerima laporan dari pengurus Baznas
Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu menerima laporan dari pengurus Baznas (Humas DPRD Kabupaten Solok)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Potensi zakat Kabupaten Solok mencapai lebih kurang Rp25 miliar per tahun. Namun dalam pengelolaannya, masih jauh dari kata maksimal.

Menurut Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Kabupaten Solok , sepanjang tahun 2019, baru sekitar Rp6,8 miliar dana zakat yang berhasil dikumpulkan dari wajib zakat.

"Harus diakui, pengelolaan zakat di Kabupaten Solok masih belum maksimal," ungkap Ketua Baznas Kota Solok, H. Sukardi saat rapat dengar pendapat dengan DPRD Kabupaten Solok , Selasa (28/1/2020).

Rapat Dengar Pendapat (RDP) dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Solok , Jon Firman Pandu. Turut Hadir Wakil Pimpinan, Renaldo Gusmal dan segenap pengurus Baznas .

Dikatakan Sukardi, untuk memaksimalkan pengelolaan zakat, pihaknya sudah membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di 62 nagari, namun hanya sedikit yang masih aktif.

"Dari jumlah UPZ yang telah di SK-kan, hanya sekitar 20 UPZ yang masih aktif membantu mengumpulkan zakat dari Muzakki (wajib zakat)," terangnya.

Salah satu faktor masih minimnya pengelolaan zakat, ulasnya, akibat masih minimnya dukungan dari pihak terkait, padahal sudah ada regulasi yang jelas soal pengelolaan zakat.

"Dengan potensi zakat yang sangat besar, sebenarnya banyak masyarakat kurang mampu dan pelajar yang bisa terbantu dalam meringankan beban hidup," tutupnya.

Sementara itu, ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu menegaskan, DPRD Solok akan memberikan dukungan maksimal terhadap Baznas Solok agar dana zakat lebih besar.

"Peran Baznas sangat sentral dalam pengelolaan zakat. Perlu upaya serius memaksimalkan pengumpulan zakat dan penyalurannya juga harus tepat sasaran," sebutnya.

Ketua DPRD juga berjanji akan membantu pihak Baznas dengan menyalurkan zakat seluruh anggota DPRD melalui Baznas Solok. Nantinya, penyaluran Baznas dilakukan di masing-masing dapil anggota DPRD.

Baca Juga
Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi