Mau Maju di Pilgub Sumbar? Mesti Punya Modal Paling Kurang 40 Miliar

Pakar Komunikasi Politik Unand Najmuddin M Rasul
Pakar Komunikasi Politik Unand Najmuddin M Rasul (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pakar Komunikasi Politik Unand Najmuddin M Rasul menghitung, modal politik yang harus disiapkan bakal calon gubernur Sumatera Barat (Sumbar) 2020 sebesar Rp 40 miliar.

"Itu kisaran cost yang mesti dikeluarkan untuk calon gubernur Sumbar 2020," ungkap Najmuddin, Kamis, 13 Februari 2020.

Angka sebanyak untuk kebutuhan mulai dari partai politik hingga saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga

Dana tersebut untuk keperluan parpol (DPC, DPW dan DPP), sekretariat, tim sukses kandidat, konsultan politik, sosialisasi di media, termasuk media luar ruang, kaos, donasi (sosial), saksi di TPS, keamanan, transportasi, konsumsi dan akomodasi.

Dirincinya, dana untuk partai politik (parpol) pengusung berkisar Rp4 miliar, kemudian biaya konsultan politik dan spin doctor sekitar Rp2,5 miliar. Selanjutnya untuk biaya survei mulai dari awal, seminggu menjelang Pilkada dan pasca membutuhkan dana Rp7,5 miliar.

"Dana paling besar itu untuk sosialisasi sekitar Rp17 miliar. Sosialisasi melalui media mainstream dan cyber, melalui masyarakat, diskusi, seminar, baliho dan selebaran," jelasnya.

Selanjutnya untuk saksi - saksi di TPS berkisar Rp4 miliar dan dana tak terduga atau lain-lain mesti disiapkan sebanyak Rp1,5 miliar.

Maka wajar banyak yang melirik pengusaha untuk menjadikan wakil. Kerena diyakini bisa menutupi cost dari awal pencalonan hingga proses pemilihan.

Menurut Najmuddin, biaya besar tersebut menjadi alasan muncul nama-nama baru yang berkantong tebal. Padahal selama ini tidak dikenal masyarakat. Mereka tiba-tiba muncul ke publik dalam setiap pemilihan.

"Sebetulnya tokoh yang memiliki memiliki kompetensi banyak, tapi dikalahkan oleh mereka yang berkantong tebal," ujarnya.

Terkait calon pasangan Mahyeldi Ansharullah - Audy Joinaldy Najmuddin menilai hal itu baru sekedar cerita politik. "Itu baru cerita politik," tukasnya.

Hingga saat ini sudah banyak tokoh yang menyatakan maju dalam Pilgub Sumbar 2020. Mulai dari Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Anggota DPR RI Mulyadi, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Bekas Kapolda Sumbar Fakhrizal, Bupati Agam Indra Catri, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dan sejumlah nama lainnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir