Sukses Kembangkan Lele Sangkuriang, BBI Pariaman Kembangkan Lele Mutiara

Pembibitan di BBI Kota Pariaman
Pembibitan di BBI Kota Pariaman (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Setelah dinilai berhasil kembangkan Varietas Lele Sangkuriang, BBI (Balai Benih Ikan) Kota Pariaman , cetak Varietas Lele Mutiara.

"Kami menargetkan produksi benih ikan Lele Mutiara yang kita kembangkan, sebanyak satu juta ekor tahun ini. Target sebanyak itu, juga termasuk mencetak untuk calon indukan lele," ujar Kepala Dinas PPP (Pertanian Pangan dan Perikanan) Kota Pariaman , Dasril, Sabtu 15 Februari 2020.

Dadril mengatakan juga, UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) BBI Dinas PPP Kota Pariaman , memang spesialis mencetak benih dan indukan ikan lele, dimana hal ini sesuai dengan sertifikat yang dimilikinya.

Baca Juga

Sertifikasi yang dimiliki oleh UPTD BBI Kota Pariaman ini adalah Sertifikasi calon induk penyediaan lele untuk wilayah Sumatera Bagian Tengah, dimana pangsa pasarnya ke daerah Aceh, Medan, Jambi, Muko-Muko, Bengkulu dan Sibolga serta Sumbar sendiri.

"Awalnya di BBI ini kita mengembangkan Lele Dumbo, lalu Lele Sangkuriang yang maju pesat, dan terakhir ini adalah Lele Mutiara, yang sangat gampang pemeliharaanya, dimana Lele Mutiara ini bisa bertahan difluktuasi cuaca yang beragam, daya tahan tubuhnya juga kuat dan mempunyai gerak yang lambat, sehingga daya tumbuh cepat," jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas PPP Kota Pariaman , Riswan yang menemani dilapangan juga mengatakan bahwa Selain pemuliaan ikan lele, pihaknya juga sedang mengembangkan jenis ikan hias. Dimana pada saat ini, pengembangan kebutuhan ikan hias semakin meningkat, pangsa pasar ikan hias di daerah lainnya pun cukup bagus, terangnya.

Kedepan Riswan mengungkapkan bahwa di UPTD BBI Dinas PPP, juga akan mengembangkan dan membuat bibit Gurami, yaitu Gurami Merah dan Gurami Batanghari.

"Kami juga sudah mempunyai induk Nila unggul. Harapan kita bersama, bahwa kita akan serius mencari lokasi yang baru untuk BBI ini, karena semakin kurangnya debit air, sehingga akan mempengaruhi pembudidayaan yang sedang kita lakukan", ungkapnya.

Dengan adanya tempat yang strategis dan luas, kata dia lagi, pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan pengembangan dari pembibitan ikan yang kita kelola.

"Nah tanahnya sudah ada, dan saat ini kita sedang berupaya untuk nego dengan masyarakat soal pembebasan lahanya", kata dia.

Baca Juga
Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri