Polsek Kinali Pasbar Amankan Dua Warga Diduga Terkait Kasus Pencurian

Dua pelaku tindak pidana pencurian yang diamankan di Polsek Kinali
Dua pelaku tindak pidana pencurian yang diamankan di Polsek Kinali (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Dua orang diduga melakukan tindak pidana pencurian, asal Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) dibekuk polisi dikediamannya setelah dilakukan penyelidikan.

"Pelaku yang biasa dipanggil Tono (29) warga Jorong Langgam dan Dipo (39) warga Jorong Bancah Kariang, kedua nya kita bekuk setelah melakukan penyelidikan atas laporan atau pengaduan yang diterima pada tanggal 6 Februari 2020 lalu," sebut Kapolsek Kinali, Iptu Eriyanto, Sabtu (15/2/2020).

Sementara pengakuan korban, ia kehilangan tas yang berisikan uang sekira Rp600ribu dan surat-surat seperti KTP, kartu anggota KUD, kartu BPJS serta tiga unit hp android, diperkirakan kerugian sekitar Rp4juta.

Baca Juga

Ia mengatakan, terungkapnya pelaku pencuri setelah ditemukan posisi salah satu barang yang hilang yakni berupa 1 unit hp android, yang diduga telah dicuri dari rumah korban (Asnimar) di Bunut, Jorong Wonosari, Kecamatan Kinali.

Kemudian petugas mendatangi posisi telpon selular tersebut yang berada di Lembah Binuang, Kecamatan Pasaman. Dari pengakuan yang memegang ponsel tersebut, yakni bernama Kasman telah dibeli nya dengan harga yang layak dari pelaku Dipo.

Selanjutnya petugas mengamankan pelaku Dipo pada Sabtu (15/2) sekira pukul 03.30 WIB. Dari pengakuan Dipo, perbuatan yang dilakukan bersama dengan pelaku Tono yang merupakan residivis. Terhadap Tono diamankan dirumahnya, kemudian dilakukan pencarian dan ditemukan barang bukti lainnya dua unit hp android.

Menurut pengakuan pelaku, kata Kapolsek, mereka masuk kerumah korban dengan cara memanjat, dan masuk kerumah melalui Jendela yang hanya diberi ganjal Kursi sofa. Setelah itu, para pelaku menyingkirkan kursi sofa dan masuk kedalam rumah dan mengambil barang-barang milik korban.

Saat ini pelaku bersama barang bukti telah diamankan di mako polsek kinali guna dilakukan proses hukum lebih lanjut. Sedangkan akibat perbuatan kedua pelaku, melanggar Pasal 363 ayat (1) ke-3, ke-4, ke-5 KUHP dengan ancaman paling lama 9 tahun kurungan penjara.

Baca Juga
Video

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri