Banjir Rendam Tiga Nagari di Lima Puluh Kota

Kondisi salah satu areal persawahan yang terdampak banjir di Lima Puluh Kota
Kondisi salah satu areal persawahan yang terdampak banjir di Lima Puluh Kota (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Hujan dengan intensitas tinggi landa beberapa kawasan di Kabupaten Lima Puluh Kota , Minggu 16 Februari 2020. Salah satunya adalah Kecamatan Lareh Sago Halaban yang terdampak banjir yang turun dari lereng Gunung Sago.

Kepala Pelaksana BPBD Lima Puluh Kota Joni Amir mengatakan hujan deras telah mengguyur beberapa titik di Lima Puluh Kota . Hujan yang turun dengan intensitas tinggi tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIB.

"Hujan deras umumnya melanda kawasan Lima Puluh Kota di wilayah Selatan yaitu Kecamatan Lareh Sago Halaban," kata Kalaksa BPBD Lima Puluh Kota .

Baca Juga

Ia menjelaskan nagari yang terendam banjir tersebut adalah Nagari Mungo Kecamatan Luhak, Nagari Bukik Sikumpa, Nagari Balai Panjang, Kecamatan Lareh Sago Halaban. Selain hujan deras dikatakan Joni Amir, angin ribut juga terjadi dan tumbangkan satu pohon di Lareh Sago Halaban.

"TRC BPBD, TNI, Polri, dan masyarakat bahu membahu membantu untuk penanganan banjir ini. Menurut data BMKG pada Februari ini merupakan puncak musim hujan dan kami himbau seluruh lapisan masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi musim hujan ini agar tidak ada korban jiwa," kata Joni Amir saat dihubungi KLIKPOSITIF .

Menurutnya, kondisi hujan sudah reda dan hasil laporan yang terdampak kebanyakan adalah areal persawahan masyarakat. Kemudian ditambahkannya bahwa untuk jumlah kerugian dan areal yang terdampak masih dalam pendataan.

Baca Juga
Video

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi