PKS Belum Tentukan Sikap, Warga Payakumbuh Sokong Riza Falepi Sebagai Cagub Sumbar

Wali Kota Payakumbuh, RIza Falepi saat meresmikan rumah warganya yang selesai direhab.
Wali Kota Payakumbuh, RIza Falepi saat meresmikan rumah warganya yang selesai direhab. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Sosok Mahyledi dan Riza Falepi masih menjadi dua nama yang paling digadang-gadang untuk diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Barat pada 2020 ini.

Uniknya, kedua nama tersebut sama-sama menjabat sebagai wali kota dua periode saat ini. Mahyeldi kembali mendapat kepercayaan warga Kota Padang untuk kembali memimpin ibu kota provinsi tersebut untuk kedua kalinya. Sementara Riza Falepi juga mendapat kepercayaan dari warga Kota Payakumbuh untuk menjabat sebagai wali kota untuk kali kedua.

Bedanya, Riza Falepi tinggal menyisakan dua tahun periode kepemimpinannya di Kota Payakumbuh , sementara Mahyeldi baru dilantik sebagai Wali Kota Padang pada 2019 lalu. Ia juga sempat berjanji untuk menuntaskan pembangunan di Kota Padang sampai dengan akhir masa jabatannya.

Baca Juga

Bagi warga Kota Payakumbuh , Riza Falepi adalah wali kota sukses yang mampu merubah daerah tersebut ke arah yang lebih dalam tempo delapan tahun ini. Ia dinilai mampu membuat Rencana Tata Ruang Rencana Wilayah (RTRW) mulai tertata rapi.

"Proyek relokasi Batang Agam yang awal mulanya banyak ditentang serta dikritisi oleh beberapa kalangan di Kota Payakumbuh , namun kini terbukti menjadi proyek yang sangat bermanfaat bagi kami masyarakat," kata salah seorang warga Kota Payakumbuh , Anton, Minggu (16/2).

Ia menilai, lulusan ITB itu mampu merubah kawasan Batang Agam lebih indah, sehingga menjadi salah satu objek wisata yang cukup diminati dalam beberapa waktu terakhir.

"Dia juga telah mampu membangun sumber air bersih PDAM yang pasokan utamanya berasal dari Batang Agam itu sendiri," lanjutnya.

Kekaguman warga Payakumbuh terhadap sosok Riza Falepi juga disampaikan, Ari yang mengatakan pembangunan di daerahnya tersebut semakin merata.

"Bisa dilihat bagaimana jalan-jalan kelurahan di Kota Payakumbuh sudah tidak ditemukan lagi jalan tanah atau jalan berkerikil, semua sudah diaspal sampai ke gangnya," katanya.

Sejumlah pencapainnya itu yang kemudian cukup banyak warga Kota Payakumbuh yang berharap Riza Falepi akan mendapat kesempatan untuk maju sebagai calon Gubernur Sumbar pada Pilkada 2020 ini.

"Daerah tetangga Lima Puluh Kota tentu juga siap mendukung apabila ada orang Luak Limopuluah yang maju," tambahnya.

Meski dukungan terhadap Riza Falepi cukup masif di Payakumbuh dan Limapuluh Kota, tapi keputusan akhir tetap berada di tangan PKS. Apalagi Mahyeldi termasuk salah satu kepala daerah paling populer di Sumbar saat ini.

Ketua DPW PKS Sumbar, Irsyad Safar mengakui, untuk menetapkan pilihan siapa calon Gubernur Sumbar yang akan diusung PKS memang bukan pekerjaan mudah.

"Terkait dua nama kandidat tersebut, Partai PKS akan memilih sesuai dengn pilihan masyarakat banyak. Selain itu, kedua kandidat itu juga harus memenuhi syarat dan kriteria," katanya.

Diakuinya, warga Sumbar kini menaruh harapan kepada PKS berharap agar partai tersebut benar benar menentukan pilihan secara profesional.

"Sebab untuk menahkodai Sumbar yang banyak diisi oleh kaum Cadiak Pandai dibutuhkan pemimpin yang tidak hanya sekedar religius semata namun mempunyai jiwa leadership yang benar benar lahir dari jaya juang dan pekerja keras serta bukan lahir dari pencitraan semata," pungkasnya. (*)

Baca Juga
Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Editor: Taufik Hidayat