Dua Pasang Calon Independen Bakal Maju di Pilkada Solsel

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan (Solsel) Divisi Teknis Wilson Chaniago
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan (Solsel) Divisi Teknis Wilson Chaniago (KLIK POSITIF/Kamisrial)
SOLSEL KLIKPOSITIF -

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan ( Solsel ) Divisi Teknis Wilson Chaniago mengungkapkan ada dua pasang bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen (perseorangan) yang berkemungkinan akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Solsel .

"Sampai saat ini sudah dua pasang yang menyerahkan mandat LO atau penghubung dengan KPU, Jon Matias-Jufrial dan Joni Syarif-Rapialdi," ungkap Wilson Chaniago di Padang Aro, Rabu 19 Februari 2020.

Dia melanjutkan, pasangan Jon Matias-Jufrial telah mengirim data ke silon (sistem informasi pencalonan) KPU dan telah submit dengan jumlah dukungan 15.632 sebarannya di tujuh kecamatan di Solsel .

Baca Juga

"Joni Syarif-Rapialdi juga telah mengirim data dukungan ke SILON online perseorangan dengan jumlah dukungan sebanyak 17.005, tetapi belum di submit," katanya.

Dia melanjutkan pasangan Joni Syarif - Rapialdi rencananya akan menyerahkan syarat dukungan pencalonan pada Jum'at 21 Februari 2020 lusa, sedangkan pasangan Jon Matias-Jufrial rencananya akan menyerahkan pada Sabtu 22 Februari 2020.

Dia melanjutkan untuk kelancaran proses penyerahan syarat dukungan pencalonan, pihaknya telah menghubungi pasangan calon agar tidak menyerahkan dukungan di hari terakhir.

"Itu info awal, kalau ada perubahan nanti di infokan kembali, karena kita meminta pasangan agar tidak menyerahkan dukungan di hari akhir pada 23 Februari. Takutnya tidak bisa diselesaikan sampai pukuk .00.00 WIB," katanya.

Dia melanjutkan setelah menyerahkan syarat dukungan pencalonan, akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual.

"Jika syarat dukungan calon perseorangan lengkap sesuai persyaratan sebanyak 11.417 yang tersebar minimal di empat kecamatan, maka pasangan yang dinyatakan lengkap nanti dijadwalkan mendaftarkan diri pada bulan Juni," jelasnya.

Baca Juga

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi