Akses Jalan di Solok Tertutup Material Longsor, Lebih Seribu Masyarakat Terisolasi

Longsor timbun badan jalan di Nagari Aie Luo,
Longsor timbun badan jalan di Nagari Aie Luo, (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Sejumlah titik di Kabupaten Solok kembali diterjang tanah longsor , Rabu (19/2/2020). Tercatat, sepanjang hari tadi ada 3 titik longsor terjadi di lokasi berbeda.

Kepala BPBD Kabupaten Solok , Armen menjelaskan, longsor terjadi di kawasan Nagari Aie Luo, kecamatan Payung Sekaki. Material longsor menimbun badan jalan sehingga akses jalan dari Sirukam menuju nagari Aie Luo putus total. "Tebing longsor menimbun badan jalan sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan," terang Armen menjawab KLIKPOSITIF .

baca juga: Longsor, Jalan Matur-Palembayan Terputus Total

Dampak longsor tersebut, lebih kurang 1.300 penduduk Nagari Aie Luo dan sekitar 250 warga Sumiso terisolasi dari daerah luar karena jalan tersebut merupakan akses satu satunya menuju daerah itu.

Longsor juga dilaporkan menimbun ruas jalan dari Supayang menuju Sirukam. Tingginya material yang menumpuk membuat akses jalan terputus.

baca juga: Terpapar Rekan Kerja, Warga Koto Baru Positif COVID-19

Beberapa jam kemudian, jalan di Kelok Patah Lubuak Talang tersebut kembali bisa dilalui setelah satu unit alat berat PT. Arpex membantu evakuasi material longsor .

Sementara itu, satu unit jembatan dilaporkan roboh di jorong Lubuk Rasam, Nagari Surian. Akibatnya, jalan penghubung dari dan menuju daerah itu putus total.

baca juga: Puluhan Petugas Medis Kontak Dengan Pasien COVID-19, RSUD Arosuka Ditutup

"Akibat putusnya jembatan, sekitar 75 keluarga dengan 100 jiwa lebih terisolasi," terangnya.

Dari ketiga titik bencana tersebut, baru akses jalan Supayang menuju Sirukam yang sudah teratasi, sementara dua lainnya masih dalam upaya pemerintah dan pihak terkait.

baca juga: Jenazah Dimakamkan Keluarga, Ternyata Warga Kotobaru Solok Ini Positif COVID-19

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi