Kasus Virus Corona Hambat Produksi Foxconn Sepanjang Tahun

Foxconn
Foxconn (net)

KLIKPOSITIF - Penyebaran virus corona terus memberi dampak, terutama pada sektor ekonomi. Sejak virus ini menyebar, sejumlah perusahaan yang bermarkas di Tiongkok terpaksa menutup produksinya.

Foxconn perusahan yang memproduksi produk Apple juga terus terdampak. Sama seperti perusahaan lainya, pabrik-pabrik Foxconn terpaksa harus ditutup untuk jangka waktu tertentu.

Walaupun sejumlah pabrik utama mereka kini sudah dibuka dan beroperasi kembali, tapi jadwal tahunan mereka jelas terganggu. Foxconn memiliki dua pabrik utama di Tiongkok, Zhenghzou dan Shenzhen.

Baca Juga

Pabrik Foxconn di Zhenghzou telah beroperasi kembali pada 10 Februari dan Shenzhen pada 11 Februari kemarin seperti dikutip dari Reuters. Setelah beroperasi kembali, ternyata jumlah karyawan yang telah kembali bekerja pada pabrik Foxconn di Zhenghzou hanya mencapai 10 persen.

Jumlah karyawan yang bekerja di Foxconn Zhenghzou mencapai 16 ribu, artinya kurang dari 1.600 orang yang bekerja pada 10 Februari 2020 kemarin. Analis Apple , Ming-Chi Kuo memprediksi bahwa hanya 40 hingga 60 persen pekerja kembali ke pabrik Foxconn di Zhengzhou.

Sementara untuk pabrik Foxconn di Shenzhen, Kuo memprediksi hanya 30 hingga 50 persen yang akan bekerja kembali. Melihat kondisi ini, Foxconn menargetkan bahwa proses produksi diharapkan pulih 50 persen pada akhir Februari 2020.

Sementara pada Maret 2020 mendatang produksi Foxconn ditargetkan akan pulih sebesar 80 persen. Keterlambatan proses produksi ini jelas akan sangat berdampak pada distribusi produk iPhone 11 yang kini menjadi tanggung jawab Foxconn.

Untuk memenuhi target produksi, Foxconn mengalihkan produksi iPhone 11 ke Taiwan dan India. Namun Kedua fasilitas Foxconn tersebut memiliki keterbatasan produksi yang lebih kecil. Gangguan yang di luar kendali ini diyakini akan terus menghantui Foxconn sampai akhir tahun ini. Keterlambatan produksi untuk satu produk jelas akan berdampak juga pada produk lainnya.

Baca Juga

Editor: Ramadhani