Kegiatan Pramuka Makan Korban, Ini Komentar Bupati Sleman

Bupati Sleman Sri Purnomo tinjau lokasi kejadian
Bupati Sleman Sri Purnomo tinjau lokasi kejadian (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

SLEMAN, KLIKPOSITIF - Bupati Sleman Sri Purnomo ingatkan sekolah-sekolah yang ada di Sleman untuk tidak mengadakan kegiatan seperti kejadian di Sungai Sempor. Hal ini menyusul adanya kejadian yang akibatkan beberapa orang siswa hanyut dan meninggal dunia.

Sri Purnomo mengatakan akan melakukan evaluasi sesegera mungkin. Apalagi menurutnya kegiatan tersebut sangat berbahaya dilakukan saat musim hujan yang tengah melanda beberapa kawasan di Sleman.

"Ini sebagai pelajaran yang sangat mahal bagi kita masyarakat Sleman dan mudah-mudahan jangan sampai mengulangi sebagaimana kegiatan di SMP Negeri 1 Turi ini," kata Bupati Sleman saat ditemui di lokasi kejadian, Jumat 21 Februari 2020.

Baca Juga

Ia menjelaskan bahwa menurut laporan kegiatan Pramuka susur sungai tersebut merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh siswa kelas 7-9. Kegiatan ini dilakukan serentak oleh sekolah dengan melakukan kegiatan kepramukaan.

"Mengadakan kegiatan di luar sekolah, seperti di aliran sungai ini sangat berbahaya sekali. Buktinya ini tadi kena banjir mendadak dan mereka tidak bisa menghindar. Sebagian ada yang hanyut . Sebagian besar bisa menyelamatkan diri. Tapi ada dari sekian banyak yang mereka tak mampu menyelamatkan diri," kata Sri Purnomo.

Menurutnya kejadian ini adalah sebuah kecerobohan yang artinya melaksanakan kegiatan di sungai saat musim hujan. Hal ini dikatakannya sangat berbahaya dan merupakan sebuah kecerobohan yang membawa kefatalan

Baca Juga
Video

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi