Mensos Wakili Pemerintah Lihat Penanganan Susur Sungai SMPN 1 Turi

Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mengunjungi Puskesmas 1 Turi, Sabtu (22/2/2020), pascatragedi susur Sungai Sempor SMP N 1 Turi Sleman pada Jumat (21/2/2020)
Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mengunjungi Puskesmas 1 Turi, Sabtu (22/2/2020), pascatragedi susur Sungai Sempor SMP N 1 Turi Sleman pada Jumat (21/2/2020) (Suara.com)

KLIKPOSITIF - Menteri Sosial Juliari Batubara datang ke Posko induk Puskesmas 1 Turi Sleman. Juliari tiba di Puskesmas tersebut pada Sabtu (22/2/2020) pukul 14.00 WIB dan langsung menyalami keluarga korban di lokasi.

Ia hadir sebagai wakil pemerintah untuk melihat langsung bagaimana penanganan dari bencana tersebut. Juliari juga berencana akan menemui keluarga korban dan memberikan santunan bagi keluarga korban yang meninggal dunia serta bertemu petugas di lapangan.

"Kami sangat berduka karena ini adalah anak-anak yang masih usia sangat remaja. Semoga keluarga bisa kuat dan tabah menerima cobaan ini dan juga kami berdoa untuk anak-anak yang masih dirawat agar kiranya bisa segera pulih kembali, bisa normal kembali, dan beraktivitas seperti sedia kala," tutur Juliari, Sabtu (22/2/2020), di Puskesmas I Turi Sleman.

Baca Juga

Pihaknya juga mendengar, masih ada ada 2 orang korban yang belum ditemukan. Ia pun berharap agar keduanya segera bisa ditemukan dan investigasi yang menyeluruh terhadap peristiwa ini dilakukan.

Mulai saat ini, bagi korban selamat, Kementerian Sosial (Kemensos) sudah mengadakan layanan psikologi sosial trauma healing.

Di samping itu, pemerintah melalui Kemensos berencana akan memberikan santunan sebesar Rp15 juta bagi masing-masing keluarga yang anaknya meninggal. Sementara, korban yang luka-luka akan mendapatkan santunan dari pemerintah daerah.

"Kalau yang luka-luka itu merupakan tanggungan oleh pemerintah daerah sampai benar-benar sembuh," tambahnya.

Untuk trauma healing ini sendiri, pihaknya akan menurunkan psikolog dalam jumlah yang besar, yaitu di atas 50 orang, karena jumlah yang harus didampingi pun cukup besar. Sementara, untuk proses hukumnya, ia menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwajib, dan ia memahami bahwa pihak kepolisian sudah bisa menangani hal tersebut. (*)

Sumber: Suara.com

Baca Juga
Video

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com

Editor: Eko Fajri