Rektor UNP: Kita Anjurkan Dosen Bimbingan Skripsi Secara Online

Universitas Negeri Padang
Universitas Negeri Padang (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Rektor Universitas Negeri Padang ( UNP ) menganjurkan kepada dosen, agar melakukan bimbingan secara online. Hal itu dilakukan untuk mewaspadai dan mengantisispasi Virus Corona .

Rektor UNP , Ganefri mengatakan anjuran itu diberikan kepada dosen dengan membuat surat edaran. "Kita anjurkan kepada dosen khusus bimbingan skripsi, disertasi dan thesis dilakukan secara online, tidak face to face. Surat edarannya sedang disiapkan," katanya di UNP , Sabtu, 14 Maret 2020.

baca juga: WHO Hentikan Uji Coba Klorokuin pada Pasien Covid-19

Ia mengatakan hal ini untuk mengantisipasi Virus Corona . " Dosen banyak dan mahasiswa juga banyak. Setiap hari mereka melakukan kegiatannya. Ini kita buat edaran agar melakukan pelayanan yang menyenangkan dalam menyelesaikan skripsi, thesis dan disertasi, jadi diminta melayani secara online," tuturnya.

Diakui Ganefri, saat ini ada delapan mahasiswa UNP di luar negeri, sedangkan mahasiswa luar negeri yang sedang studi di UNP ada 25 orang. Mahasiswa asing itu, delapan orang dari Myanmar, kemudian dari Thailand, dan Filipina.

baca juga: Cara Baru Menikmati Wisata dari Rumah, Ditengah Pendemi COVID-19

"Nanti kita sepakati dengan pihak akademika terkait hal ini. Jika merujuk pada pelaksanaan online learning, tak ada aturan yang dilanggar karena payung hukum sudah ada, walaupun itu 100 persen," jelasnya.

Sebelumnya, pelaksanaan kegiatan wisuda di UNP juga tidak dilakukan salaman secara langsung, namun dilakukan dengan salam meletakkan tangan ke dada dan menunduk sebagai salam hormat. Hal ini dilakukan untuk mengatasi dan antisipasi Virus Corona .

baca juga: Sulit Hidup Berdamai dengan Corona, Lebih Jahat dari Terorisme

Dari pantauan KLIKPOSITIF di lapangan, pihak kampus juga telah melakukan imbauan mengatasi dan mewaspadai penyebaran Virus Corona dengan pemasangan baliho. Alat-alat pencuci tangan juga disediakan di lokasi-lokasi strategis, seperti rektorat, dll. (*)

Editor: Fitria Marlina