Sikapi Imbauan Pemerintah, IKS Perantauan Belum Putuskan Pulang Basamo

Pertemuan pengurus IKS Perantauan dengan Wabup Tanah Datar di Nagari Sumanik
Pertemuan pengurus IKS Perantauan dengan Wabup Tanah Datar di Nagari Sumanik (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Dalam menyikapi imbauan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terkait penundaan acara pulang basamo , Ikatan Keluarga Sumanik (IKS) Perantauan belum memutuskan apakah akan melaksanakan atau tidak.

"Menyikapi imbauan itu, kita sangat berhati-hati dalam memutuskan bagaimana pulang basamo pada Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan atau tidak," ucap Ketua IKS Perantauan H. Zainul Ichwan, Selasa 24 Maret 2020.

Ia menyebut keputusan ditunda atau dilaksanakan pulang basamo diambil setelah pengurus IKS Perantauan mengadakan rapat dalam waktu dekat ini.

Baca Juga

"Rencara pulang basamo ini kita laksanakan mengingat kemauan masyarakat di kampung halaman dan hubungan silaturahmi sesama perantau dan keluarga di kampung," tutur Zainul.

Namun bila pemerintah daerah akhirnya memutuskan melarang pulang basamo , maka pengurus IKS Perantauan akan mematuhinya demi kemaslahatan masyarakat baik yang di rantau maupun di kampung halaman.

Disebutkan sebelumnya, sebanyak 5.000-an orang perantau Nagari Sumanik, Kecamatan Salimpaung, Tanah Datar akan pulang basamo pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Selama berada di kampung halaman, para perantau selain bertemu dan bersilaturahmi dengan sanak saudara, juga akan mengikuti berbagai kegiatan seperti halal bihalal, malam hiburan berhadiah (Kim), serta ceramah agama oleh ustadz kondang Abdul Somad (UAS).

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno akan membuat surat imbauan agar perantau tidak pulang kampung dulu untuk sementara waktu.

Sebab, pemerintah mengkhawatirkan perantau membawa virus corona dari rantau dan kota menularkan di kampung halaman. Imbauan tersebut berlaku bagi seluruh perantau dimana saja berada. (*)

Baca Juga
Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera