Tim Gabungan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Payakumbuh Semprotkan Disinfektan Malam Hari

Kompol Russirwan bersama personil gugus tugas penanganan Covid-19 di Payakumbuh saat lakukan penyemprotan disinfektan di bawah kanopi Pasar Payakumbuh.
Kompol Russirwan bersama personil gugus tugas penanganan Covid-19 di Payakumbuh saat lakukan penyemprotan disinfektan di bawah kanopi Pasar Payakumbuh. (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Pasca mendirikan Posko Tanggap Darurat Covid-19, Tim Gabungan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Payakumbuh lakukan penyemprotan cairan disinfektan di malam hari, Kamis 26 Maret 2020. Penyemprotan ini dilakukan di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Payakumbuh yang dimulai pada pukul 00.00 WIB tengah malam.

Kapolres Payakumbuh yang diwakili oleh Kabag Sumda Polres Payakumbuh Kompol Russirwan didampingi Kasat Narkoba Iptu Desneri mengatakan kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan. Hasil pantauan KLIKPOSITIF , terlihat yang terlibat dari Satpol PP dan Damkar Payakumbuh serta Polres Payakumbuh .

"Penyemprotan ini dilakukan sebagai salah satu langkah antisipasi dan memutus penyebaran Pandemi Covid-19 ini di Kota Payakumbuh . Kegiatan ini sendiri juga bagian dari kerjasama Pos Terpadu Penanganan Covid-19 yang juga berdasarkan instruksi Presiden RI serta perintah dari Kapolres Payakumbuh ," kata Kompol Russirwan yang akrab disapa Ayah tersebut.

Baca Juga

Ia menjelaskan penyemprotan yang dilakukan di sepanjang Jalan Ahmad Yani ini dimulai dari Pusat Pasar Payakumbuh yaitu di bawah kanopi hingga berakhir di Simpang Empat Labuah Basilang. Sebanyak 24.000 liter kubik cairan disinfektan disemprotkan di badan jalan dan depan deretan puluhan toko mulai dari pasar sampai Labuah Basilang.

"Penyemprotan jalan ini pertama kali dilakukan malam hari. Sebelumnya juga telah pernah dilakukan penyemprotan di Pasar Payakumbuh pada pagi hari dan Pasar Tradisional Ibuh pada malam hari. Semoga upaya ini dapat menjadi pemutus penyebaran Pandemi Covid-19 ini," ujar Kabag Sumda Polres Payakumbuh yang tergabung dalam Posko Operasi Aman Nusa II Singgalang 2020 tersebut.

Lebih lanjut, ia menambahkan penyemprotan ini akan dilakukan hingga beberapa hari ke depan. Meskipun belum ada terdeteksi positif Covid-19 ini, tapi langkah tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi atau menghentikan penyebaran virus yang telah menyebar di beberapa negara di dunia.

"Mari kita semua menjaga kebersihan, khususnya rajin mencuci tangan dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kemudian juga menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan yang bergizi, perbanyak buah dan sayur agar kekebalan tubuh dapat terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit," kata Ayah Russirwan.

Baca Juga
Video

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani