Jumlah Kasus ODP Meningkat di Tanah Datar, Ini Penjelasan Gugus Tugas Penanganan COVID-19

Ilustrasi
Ilustrasi (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Jumlah kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait COVID-19 meningkat di Kabupaten Tanah Datar , tercatat hingga Rabu 25 Maret 2020 sebanyak 90 orang. Sementara untuk kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang, pasien suspect atau meninggal belum ada.

Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tanah Datar Irwandi menyampaikan peningkatan jumlah kasus ODP karena adanya masyarakat yang baru pulang dari luar daerah dan secara sadar memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat.

"Sesuai SOP, ditetapkan ODP karena memiliki salah satu gejala COVID-19 dan memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah terkonfirmasi COVID-19 atau kontak dengan orang yang memiliki riwayat yang sama," ucap Sekretaris Daerah Tanah Datar ini.

Baca Juga

Ia menyebut peningkatan ini di satu sisi menunjukkan kesadaran masyarakat memeriksakan diri dan sisi lain kewaspadaan seluruh masyarakat terhadap penyebaran COVID-19 harus semakin ditingkatkan dengan proteksi diri dan menjaga jarak bersosialisasi.

"Walaupun saat ini kasus positif COVID-19 belum ada di Tanah Datar , upaya pencegahan baik melalui sosialisasi, edukasi dan aksi terus dilakukan," ucapnya.

Ia mengajak masyarakat selalu melaksanakan pola hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan secara rutin terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata dengan menggunakan air mengalir dan sabun cair.

Kemudian, menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk dengan menggunakan tisue atau sisi dalam lengan atas,tisue yang digunakan dibuang ke tempat sampah dan cuci tangan setelahnya.

Ketika menderita sakit batuk, pilek dan gangguan saluran pernafasan lainnya gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas layanan kesehatan , serta hindari perjalanan ke wilayah pandemi COVID-19.

Bagi warga Kabupaten Tanah Datar yang merasakan gejala demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, atau membutuhkan informasi seputar COVID-19 dapat menghubungi Pusat Layanan Gugus Tugas Pencegahan Tanah Datar di nomor 081266273800 atau 085263068663 atau 085274752700. (*)

Baca Juga
Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri