Pengelola Wisata di Tanah Datar Diminta Laksanakan Protokol Penanganan COVID-19

Pemeriksaan suhu tubuh bagi pengunjung sebelum masuk Hotel Emersia Batusangkar
Pemeriksaan suhu tubuh bagi pengunjung sebelum masuk Hotel Emersia Batusangkar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Pengelola wisata di Kabupaten Tanah Datar diminta melakukan protokol kesehatan penanganan COVID-19 dalam upaya pencegahan perkembangan virus Corona yang sudah menjadi pandemi global.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tanah Datar Irwandi menyampaikan pengelola wisata dimaksud yakni pengelola objek wisata, rumah makan, kafe, hotel dan homestay.

"Seluruh destinasi wisata yang ada di Tanah Datar diimbau untuk ditutup," ucap Irwandi di Pagaruyung Kamis 26 Maret 2020.

Baca Juga

Sekretaris Daerah Tanah Datar ini menyebut bagi pengusaha wisata rumah makan, kafe, hotel dan homestay agar melaksanakan protokol kesehatan Penanganan COVID-19 dalam menjalankan usahanya.

Beberapa protokol yang harus dilakukan adalah pengecekan suhu tubuh setiap pengunjung yang datang, menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun sanitizer menggunakan air mengalir.

Kemudian, membersihkan secara berkala fasilitas umum yang sering disentuh tangan, melakukan penyemprotan dengan cairan desinfektan di lokasi usaha, menjaga kondisi kesehatan karyawan dengan sering mencuci tangan, memakai masker, menutup hidung dan mulut ketika batuk atau bersin.

Menghindari kontak dengan pengelola lain dan tamu yang sedang sakit dengan gejala demam, batuk kering, sakit tenggorokan, sulit bernapas dan sakit kepala.

"Apabila ada pertemuan atau bertemu cukup dengan mengucapkan salam dan tidak berjabat tangan untuk kondisi saat ini, serta menjaga jarak minimal 1,5 meter," tuturnya.

Irwandi mengharapkan bila ditemukan ada pengelola, pengusaha dan pengunjung wisata dengan gejala demam, batuk kering, sakit tenggorokan, sulit bernapas dan sakit kepala, agar dapat menghubungi pusat layanan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tanah Datar di nomor 081266273800 atau 085263068663 atau 085274752700.

Sementara itu, GM Emersia Hotel Batusangkar Joe Lubis mengatakan pihaknya mendukung imbauan pemerintah daerah untuk melaksanakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Untuk saat ini SOP tamu yang masuk ke hotel akan melalui pengecekan suhu badan dan diarahkan untuk cuci tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan," tutur Joe.

Kemudian, pihaknya juga akan menerapkan social distancing (menjaga jarak), sterilisasi internal dan menutup sementara operasional selama April 2020 ini. (*)

Baca Juga
Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera