Selama Karantina, Ini Kondisi ODP Asal Tanah Datar

Lokasi karantina di Balai PSDM Kemendagri Agam
Lokasi karantina di Balai PSDM Kemendagri Agam (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Selama menjalani karantina di Balai PSDM Kemendagri Agam, kondisi kesehatan orang yang pernah kontak dekat dengan pasien positif COVID-19 di Tanah Datar dalam keadaan baik dan stabil. Selain itu pemeriksaan rapid test menunjukan hasil negatif COVID-19.

"Saat keberangkatan untuk di karantina beberapa waktu lalu terdata 39 ODP, namun setelah dikonfirmasi ulang ternyata ada 2 data ganda, sehingga ada 37 ODP yang di karantina di Balai Diklat Kemendagri saat ini," ucap Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita Zedrianis di Pagaruyung, Selasa 31 Maret 2020.

baca juga: Angka Kematian karena Covid-19 Tinggi, Penggunaan Ventilator Dikaji Ulang

Ia menyebut kondisi kesehatan 37 ODP yang di karantina itu stabil dan dari hasil rapid test menyatakan tidak ada yang positif COVID-19. Jika kondisinya tidak perubahan maka akan segera dipulangkan pada 1 April 2020.

Yesrita menjelaskan data 37 ODP yang di karantina itu sudah sesuai hasil tracking (penelusuran) terakhir tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tanah Datar .

baca juga: Ini Riwayat Kontak dan Perjalanan Pelaut Positif COVID-19 di Agam

"ODP yang kita karantina merupakan hasil investigasi langsung ke pasien yang positif COVID-19 tentang siapa saja yang pernah kontak dekat dengannya," ujar Yesrita.

Seluruh peserta karantina terus dicek kesehatannya setiap hari dan dapat melakukan aktivitas lainnya seperti olahraga, berjemur sinar matahari pagi, minum vitamin, dan beristirahat.

baca juga: Vaksin Covid-19 Milik Cina Akan Tersedia Akhir Tahun

Ia mengimbau masyarakat yang baru datang dari daerah terjangkit COVID-19 untuk mengisolasi diri secara mandiri dan menghindari kontak langsung dengan keluarga lainnya.

"Bila selama isolasi tersebut mengalami gangguan kesehatan seperti demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas diharapkan langsung memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat," tuturnya.

baca juga: Disdikbud dan Kemenag Tanah Datar Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru, Ini Syaratnya

Ia mengharapkan masyarakat tidak panik dan tetap tenang, namun tentu harus meningkatkan kewaspadaan, imunitas dan kebersihan di rumah masing-masing.

Bagi warga Kabupaten Tanah Datar yang merasakan gejala demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, serta membutuhkan informasi terkait COVID-19 dapat menghubungi pusat layanan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tanah Datar di nomor 081266273800 atau 085263068663. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Ramadhani