Bateh Neco, Dataran Tinggi yang Jadi Tempat Belajar Online Warga Batu Gadang Pariamam Ditengah Pendemi Corona

Warga Batu Gadang sedang menemani anak dan cucu belajar di Bateh Neco
Warga Batu Gadang sedang menemani anak dan cucu belajar di Bateh Neco (rehasa)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF - Keterbatas jaringan atau signal internet membuat pelajar di nagari Batu Gadang, Kecamatan Sungai Geringgiang, Kabupaten Padang Pariaman , harus menuju Bateh Neco untuk mengikuti proses belajar online.

Bateh Neco merupakan dataran tinggi di Nagari Batu Gadang, pasalnya hanya di situ jaringan internet bisa diakses melalui telepon, bagi warga sekitar.

baca juga: Cara Baru Menikmati Wisata dari Rumah, Ditengah Pendemi COVID-19

Daerah ini merupakan akses jalam beraspal yang menuju pemukiman padat pemduduk di nagari itu. Jaraknya sekitar 1 kilomer dari pemukiman warga, meski beberapa rumah juga ada di sekitar lokasi itu.

Rifda Nuraini (31), sudah 2 jam lamanya dia menemani anaknya di Bateh Neco. Anaknya bernama (Dandi Khairul Insan) merupakan murid Sekolah Dasar kelas lll, yang tengah belajar menggambar via online.

baca juga: Sulit Hidup Berdamai dengan Corona, Lebih Jahat dari Terorisme

"Selesai sarapan kami ke sini untuk belajar online dan menggunakan HP saya. Guru kasih tugas menggambar sekarang lewat WhatsApp," ungkap Rifda, Kamis siang, 04 April 2020.

Lebih lanjut Rifda menuturkan, tidak hanya anaknya yang SD mengikuti belajar di rumah, satu anak perempuannya yang duduk di bangku SMP juga mengikuti.

baca juga: Tiga Herbal yang Berpotensi Tangkal Corona

"Kalau di rumah tak dapat signal, kami di sekitar sini harus ke Bateh Neco untuk dapat jaringan internet dan menggunakan WhatsApp," sebut perempuan yang dikaruniai sepasang anak itu.

Tidak hanya Rifda yang tampak di Bateh Neco, 6 pelajar SMA juga tengah asik mengerjakan tugas yang diberikan guru mereka.

baca juga: New Normal, Pemerintah Bersiap Putar Kembali Roda Perekonomian

Pada kesempatan itu, KLIKPOSITIF juga menemui Rizal (50), seorang kakek yang menemani cucunya mengerjakan tugas di Bateh Neco.

"Ini cucu saya, dia masih SD dan buat tugas dari sekolah di sini. Ya, ini hal yang kami lakukan setiap hari, semenjak pihak sekolah berlakukan belajar di rumah. Kalau di rumah tidak dapat signal, makanya ke sini," sebut Rizal.

Bahkan kata Rizal lagi, dia menemani cucunya hampir setiap hari. "Hampir setiap hari ke sini, bahkan kami bawa nasi dari rumah untuk makan siang," sebut Rizal sambil tersenyum.

Begitulah keterangan dari warga sekitar Bateh Neco, Nagari Batu Gadang, Kecamatan Sungai Geringgiang, Kabupaten Padang Pariaman .

Semenjak pemerintah memberlakukan study di rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19, semenja itu Bateh Neco menjadi kelas dadakan dengan nuansa alam.

Bateh Neco, ada dataran tinggi, di ujung pendakian berkelok tajam.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri