Warga Payakumbuh Diminta Laksanakan Salat Idul Fitri di Rumah

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengimbau warganya untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 Hijriah di rumah masing-masing bersama anggota keluarga.

Penyebaran pandemi virus Corona atau COVID-19 yang masih belum terkendali di daerah tersebut jadi alasan Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengeluarkan Surat Edara (SE) nomor 400/16/ED/WK-PYK/2020 tanggal 20 Mei 2020 Tentang Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Tahun 2020 di Kota Payakumbuh .

baca juga: Pemkab Pessel Jadikan PSBB Tahap Tiga Sebagai Transisi ke New Normal

Sampai sejauh ini, total pasien terkomfirmasi positif COVID-19 di Kota Payakumbuh berjumlah 13 pasien. Lima orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

"Kita mengimbau masyarakat untuk bersabar dan tahun ini melaksanakan Salat Idul Fitri di rumah masing-masing dengan cara berjamaah bersama keluarga," kata Kabag Kesra Kota Payakumbuh , Ul Fakhri, Jumat (22/5).

baca juga: Pertama di Lima Puluh Kota, Nagari Situjuah Batua Punya Tempat Karantina

Dengan keluarnya SE tersebut, maka kegiatan Salat Idul Fitri yang selama ini rutin digelar Pemko Payakumbuh di lapangan balai kota setiap tahunnya juga ditiadakan.

"Salat Idul Fitri di lapangan ataupun di Masjid dan Mushala yang digelar pemko atau masyarakat ditiadakan untuk tahun ini," tambah Ul Fakhri.

baca juga: New Normal Bukittinggi, Tak Pakai Masker Dilarang Salat Berjamaah di Masjid

Dalam SE tersebut juga dijelaskan, untuk tata cara pelaksanaan bisa mengikuti pedoman dari Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 Tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri Saat Pandemi COVID-19.

"Kegiatan takbiran cukup dilakukan di Masjid/Mushala dengan menggunakan pengeras suara tanpa kegiatan mengumpulkan masa/orang," katanya. (*)

baca juga: Wagub Sumbar: WN Irlandia yang Positif COVID-19 Sudah Berpindah-pindah Hotel di Padang

Editor: Taufik Hidayat