Setelah dari MotoGP, Rossi Bidik Balapan Mobil

Valentino Rossi
Valentino Rossi (Net)

KLIKPOSITIF -- Kontrak pebalap gaek asal Italia, Valentino Rossi bersama Movistar Yamaha berakhir pada akhir musim 2018. Ia berniat ingin hengkang dari balapan motor MotoGp setelah kontrak tersebut berakhir.

Dikutip dari Gp Update, peraih 9 gelar juara dunia tersebut mengaku ingin tampil di dua balapan mobil kelas dunia yakni Le Mans dan Reli Dakar, setelah kontrak dengan pabrikan motor berlambang Garpu Tala tersebut berakhir.

baca juga: Juarai MotoGP Emilia Romagna, Vinales Patahkan 'Kutukan' Sirkuit Misano

"Target utama saya adalah 24 Hours Le Mans, karena di atas trek sirkuit saya merasa lebih nyaman. Jadi mungkin setelah berhenti dari MotoGP, saya bisa memiliki waktu tampil di Le Mans," katanya.

Namun begitu, Rossi perlu melakukan persiapan yang cukup matang untuk menghadapi dua balapan yang berbeda dengan balapan yang ia geluti selama ini.

baca juga: Tim Milik Rossi Batal Balapan di Kelas Utama MotoGP Tahun Depan

"Salah satu target saya adalah tampil di Reli Dakar. Anda harus benar-benar siap. Tentunya saya akan melakukan Reli Dakar menggunakan mobil, karena menggunakan sepeda motor sangat berbahaya," sebut Rossi.

Kendati demikian The Doctor bukan tidak pernah mencoba balapan mobil, pada tahun 2006 lalu ia pernah mendapatkan tawaran untuk menjadi bagian dari tim Ferrari di ajang Formula 1, namun Rossi menolaknya.

baca juga: Bos Ducati Minta Hal Ini pada Andrea Dovizioso Sebelum Cabut

"Saya sangat menyukai F1, saya punya satu momen ketika saya berkata, 'Kami akan mencobanya dan mencari tahu apa yang akan terjadi'. Jadi kami melakukan sejumlah tes, pergi ke Valencia dan melakukan tes," ujar Rossi.

Setelah ia menolak tawaran Ferrari, Rossi ternyata menikmati buah yang cukup manis di ajang MotoGP. Ia berhasil menyabet dua gelar juara dunia MotoGP pada 2008 dan 2009. Gelar tersebut kemudian membuat Rossi tidak menyesali keputusannya.

baca juga: Vinales Ingin Buas di Balapan Sesungguhnya

"Saya ingat ketika penerbangan balik dari Valencia ke Rimini, saya mengatakan, 'Tidak, saya tidak siap untuk berhenti dari ajang MotoGP, dan saya mengambil keputusan yang tepat." pungkasnya.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa