Razia Satpol PP Padang, Security dan Manager Juliet Halangi Jurnalis Meliput

Randi Pangeran (Trans 7) dan Satpol PP Padang melaporkan kepada polisi peristiwa pengancaman oleh sekurity tempat hiburan malam Juliet.
Randi Pangeran (Trans 7) dan Satpol PP Padang melaporkan kepada polisi peristiwa pengancaman oleh sekurity tempat hiburan malam Juliet. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sejumlah jurnalis dihalang-halangi menjalankan tugasnya oleh penjaga keamanan tempat hiburan malam Juliet yang berlokasi di Pondok, Padang Selatan. Peristiwa ini terjadi saat jurnalis mengikuti Satpol PP Padang menjalankan tugas penertiban, Jumat, pukul 03.00 WIB dinihari WIB.

Penertiban dilakukan Satpol PP untuk menegakkan Perda Nomor 11 tahun 2013 tentang Ketertiban Umum. Dalam Perda disebutkan tempat hiburan hanya boleh beroperasi hingga pukul 02.00 dinihari WIB.

baca juga: Polisi Tangkap Seorang Pemuda Diduga Pengedar Sabu di Pariaman

Ada 5 jurnalis yang ikut dalam penertiban -- yang dituangkan dalam laporan polisi pascakejadian -- yaitu Trans 7, KLIKPOSITIF .com, Rajawali TV, ANTV, dan redaksisumbar.com.

Randi Pangeran dari Trans 7 menceritakan, jurnalis tidak hanya dihalang-halangi tapi juga diancam oleh penjaga keamanan Juliet dengan tongkat baseball. "Saat saya mau masuk ke dalam Juliet, saya dihalang-halangi oleh security dan manager Juliet," ujarnya.

baca juga: Istri Tega Tikam Suami Sendiri setelah Lihat Foto Wanita di Ponsel, Eh Ternyata

Ia juga didorong oleh manager tempat tersebut bersama empat security lainnya. Ia mengatakan telah memperlihatkan id card Trans 7 namun tak dihiraukan.

"Setelah didorong hingga saya sampai di luar, seorang yang mengaku preman juga mengancam saya karena melakukan peliputan di tempat itu," sambungnya.

baca juga: Simpan Sabu di Dapur, Suami-Istri di Tanah Datar Ini Dibekuk Polisi

Dalam hasil rekaman yang berhasil ia amankan, seorang lelaki dengan kepala plontos dengan nada tinggi membentak wartawan itu sambil mendorongnya.

Hal tersebut tidak hanya terjadi kepada jurnalis, pihak Satpol PP yang melakukan razia juga mendapatkan perlakuan yang sama.

baca juga: 5 Terduga Teroris Dibekuk di Aceh, Ditemukan Bahan Bom Hingga Dokumen

Salah seorang anggota Satpol PP Padang, Arief Rahman mengaku dirinya ditodong menggunakan sebilah pisau oleh salah seorang penjaga keamanan Juliet.

"Salah satu securitynya menempelkan pisau di rusuk sebelah kanan saat saya berada di dalam dan hendak melakukan pemeriksaan," tuturnya. Ia langsung menghindar dari security karena merasa nyawanya terancam.

Kejadian ini telah dilaporkan jurnalis kepada Polresta Padang dengan nomor laporan STTL/522/K/III/2017--Spkt Unit II. Pihak Satpol PP juga melaporkan kepada kepolisian kejadian dinihari WIB itu.

[Halbert Caniago]

Penulis: Pundi F Akbar