Masyarakat Tapan Keluhkan Jauhnya Pengurusan Adminitrasi Kependudukan

Ketua Tim Safari Ramadan Pessel, Sekdakab Pessel, Erizon menyerahkan bingkisan Bantuan kepada Pengurus Mesjid Nurul Iman Kampung Raya, Nagari Batang Betung-Tapan Mukhsin
Ketua Tim Safari Ramadan Pessel, Sekdakab Pessel, Erizon menyerahkan bingkisan Bantuan kepada Pengurus Mesjid Nurul Iman Kampung Raya, Nagari Batang Betung-Tapan Mukhsin (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Masyarakat di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan mengeluh terkait mahalnya biaya pengurusan surat adminitrasi kependudukan, dikarenakan jauhnya jarak tempuh masyarakat ke kantor catatan sipil daerah setempat.

"Ini adalah salah satu kendala utama masyarakat kami di Basa Ampek Balai Tapan. Sebab untuk pengurusan KTP, kartu Keluarga (KK), dan yang lainnya sekali mengurus itu bisa mengabiskan waktu berhari-hari ke kantor capil. Ini sering dikeluhkan masyarakat," kata Camat Basa Ampek Balai Tapan, Ferry saat menyambut kedatangan tim Safari Ramadan Kabupaten Pesisir Selatan, Senin 5 Juni 2017 ke kecamatan tersebut.

baca juga: Pemkab Pessel Anggarkan Bantuan Safari Ramadan Rp7,5 Juta Per Masjid dan Musala

Menurutnya, jarak tempuh kecamatan tersebut ke pusat kantor cacatan sipil setempat, bisa memakan waktu 3 hingga 4 jam, sehingga masyarakat harus menghabiskan biaya ratusan rupiah sekali mengurus surat.

"Jadi seperti pengurusan KTP yang gratis, masyarakat Tapan bisa menghabiskan biaya ratusan ribu rupiah untuk sekali mengurus. Masyarakat sangat berharap ini segera dapat solusi," jelasnya.

baca juga: Agendakan 55 Kunjungan, Begini Teknis Safari Ramadan Pemkab Pessel Tahun Ini

Sementara itu, Ketua Tim Safari Ramadan Pemkab yang dipimpin, Sekdakab Pessel , Erizon menanggapi keluhan tersebut akan segara dicarikan solusinya. Sebab hal tersebut merupakan yang penting terhadap kebutuhan masyarakat dalam melengkapi administrasi kependudukan, di daerah itu.

"Kita akan segera bepikir untuk mencari solusi secara bersama. Setidaknya kepentingan itu harus kita sesuaikan juga dengan kemampuan daerah kita, untuk segera dapat solusi yang tepat," kata Erizon.

baca juga: Dukung Program Kelautan dan Nelayan, Ini Komitmen Bupati Pessel dengan Danlantamal II Padang

Pada kujungan tim Safari Ramadan Pemkab Pessel saat itu, rombongan tim mengunjungi Mesjid Nurul Iman, di Kampung Raya, Nagari Batang Betung-Tapan serta juga ditandai dengan penyerahan bantuan kepada pengurus Mesjid dari tim Safari Ramadan Pemkab Pessel . (Kiki Julnasri)

Penulis: Eko Fajri