Sapi Kurban Masuk Jurang di Bukittinggi

ilustrasi sapi kurban
ilustrasi sapi kurban (istimewa)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Seekor sapi diketahui masuk jurang setelah kabur dari tempat penyembelihan kurban di Musala Nurul Huda, kawasan Aua Ateh, Kelurahan Aur Kuning, Bukittinggi-Sumbar. Setelah dilakukan pencarian, akhirnya sapi tersebut berhasil ditemukan di Ngarai Birugo.

Lurah Aur Kuning, Adrian mengatakan, sapi tersebut ditemukan Sabtu sekitar pukul 14.00 WIB. "Sapi tersebut rupanya meluncur masuk Ngarai dan ditemukan 200 meter di pinggang Ngarai. Jadi, dia tak terperosok sampai dasar," sebutnya saat dikonfirmasi.

baca juga: Tak Menggembirakan, Hewan Kurban di Payakumbuh Menurun, Persentase Betina yang Disembelih Meningkat

Setelah sapi itu ditemukan dan mengingat kondisi medan yang sulit, warga merencanakan untuk menyembelih langsung di lokasi penemuan. Karena lokasi sapi itu berada di sebuah lubang, warga kemudian berniat mengevakuasi sapi keluar dari lubang itu. Sekitar pukul 16.00 wib, sapi itu kembali kabur dan tak ditemukan.

Menurut Adrian, sapi yang terperosok tersebut ditemukan setelah anjing milik warga yang dilibatkan dalam pencarian berhasil mengendus keberadaannya. "Pas di dekat lokasi, anjing tersebut menyalak. Lalu, warga yang memfokuskan pencarian di titik tersebut, kemudian menemukan sapinya," terang Lurah.

baca juga: Perputaran Uang untuk Hewan Kurban di Agam Rp103 Miliar

Sebut Adrian, sapi itu berada di lokasi yang cukup sulit sebab terperangkap dalam sebuah lubang. "Rencananya akan disembelih langsung di lokasi," pungkasnya.

Sebelumnya, sapi tersebut dilaporkan kabur sekitar pukul 10.00 WIB setelah sebelumnya sempat mengamuk dan menyerang warga. Sepanjang perjalanan, sapi itu sempat masuk ke dalam sebuah Madrasah dan memecahkan sebuah kaca di sana.

baca juga: Lebaran Haji, Pengiriman Rendang Meningkat Tajam di Bukittinggi

[Hatta Rizal]

Penulis: Agusmanto