Tour de Singkarak, Promosi Wisata Melalui Event

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Anggota DPRD Sumbar, Sabar AS, menilai Sumatera Barat sebagai sebuah destinasi wisata hingga saat ini masih membutuhkan aktivasi promosi agar lebih dikenal. Menurutnya, bila melakukan promosi keindahan alam atau budaya tanpa adanya event, gaungnya tidak begitu terasa.

Ia mencontohkan, kegiatan Tour de Singkarak (TdS) yang telah dilaksanakan selama 8 tahun berturut-turut dan tahun ini akan diselenggarakan ke 9 kalinya tidak hanya memiliki nilai strategis dalam mempromosikan Sumbar, namun pemberitaan terhadap event tersebut  mendapat nilai trust (kepercayaan) bagi pendengar atau pembaca event yang relatif lebih tinggi dari hanya sekedar sebuah promosi.

baca juga: Purui: Antara Pariwisata, Pandemi dan Perubahan Iklim

"Selain pemberitaan sebuah event, juga ter-cover keindahan-keindahan alam dan budaya daerah setempat. Pemberitaan akan TdS dan Sumbar secara nasional dan internasional akan terus terliput selama event itu berlangsung," ujarnya, Senin 23 Oktober 2017.

Menurut Sabar AS, manfaat lain dari adanya kegiatan TdS adalah anggaran yang tersedia dari Kementerian, provinsi, kabupaten dan kota serta sponsorhip yang sebagian besar akan dibelanjakan di Sumbar, mulai dari transportasi, penginapan, katering, advertising, penyiaran dan pemasok-pemasok kebutuhan jasa yang menimbulkan multi player efek bagi pertumbuhan ekonomi Sumbar.

baca juga: Mau Libur Nyaman, Persiapkan Dulu Hal Ini

Pencitraan melalui penyelenggaraan event memang memerlukan waktu panjang, kerena berkaitan dengan kredibilitas penyelenggara atau daerahnya. Melalui TdS akan tumbuh perhatian bupati dan walikota untuk fokus mengembangkan pariwisata sebagai lokomotif pembangunan.

"Iven sepeda terakbar di dunia Tour de France saja memerlukan lebih dari 100 tahun untuk bisa dikenal dan mempopulerkan Paris sebagai tempat finish TdF sebagai daerah wisata yang menarik" sebut Sabar AS.

baca juga: Fraksi - Fraksi di DPRD Sumbar Cermati RAPBD 2021, Pendapatan dan Belanja Daerah Disorot

[Man St Pambangun]

Penulis: Iwan R