Kominfo Gandeng TNI AU Perluas Akses Telekomunikasi

Menkominfo dan Kepala Staf AU dalam Penandatanganan Piagam Kerjasama di Bidang Komunikasi dan Informatika dan Pertahanan Matra Udara Dalam Rangka Penguatan NKRI
Menkominfo dan Kepala Staf AU dalam Penandatanganan Piagam Kerjasama di Bidang Komunikasi dan Informatika dan Pertahanan Matra Udara Dalam Rangka Penguatan NKRI (uni Ahmad/Kominfo)

KLIKPOSITIF -- Dalam upaya menjalin sinergi antar lembaga, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan TNI Angkatan Udara melaksanakan kerjasama di Bidang Komunikasi dan Informatika dan Pertahanan Matra Udara Dalam Rangka Penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Piagam Kerjasama antara Menteri Kominfo , Rudiantara  dengan Kepala Staf Angkatan Udara,Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Markas Besar TNI Angkatan Udara, Cilangkap, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

baca juga: Kominfo: Peran Orang Tua Penting Dampingi Anak Saat Pakai HP

Salah satu poin dalam Piagam Kerjasama ini mengatur penyediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana milik TNI AU dalam upaya pemerataan akses telekomunikasi dan informatika dalam kerangka penguatan NKRI.

"Banyak yang sudah dilakukan bersama antar Kominfo dan TNI, diantaranya pembangunan infrastruktur di wilayah 3T dan perbatasan," ujar Rudiantara.

baca juga: Jelang Pilkada Serentak, Kominfo Pastikan Jaga Ruang Digital dari Hoaks

Rudiantara juga menyampaikan bahwa Kementerian Kominfo melakukan pembangunan telekomunikasi secara Indonesia sentris, dimana penyediaan akses internet kecepatan tinggi bagi sektor pendidikan, kesehatan dan pelayanan publik diseluruh wilayah Indonesia menjadi fokusnya.

Oleh karena itu, sebagai aksi nyata dari penandatanganan Piagam Kerjasama, Rudiantara mentargetkan pada Desember 2017 sudah ada rencana kerja antara Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bersama dengan TNI AU untuk dapat menyediakan akses internet di sekolah-sekolah yang berada di  wilayah 3T(tertinggal, terdepan, terluar).

baca juga: Gandeng Kominfo, Bappebti Tertibkan Promosi Investasi Ilegal di Media Sosial

Seperti diketahui, Kementerian Kominfo melalui BP3TI melaksanakan pembangunan sarana telekomunikasi dan informatika di wilayah 3T. Dengan keterbatasan sarana dan prasarana untuk mencapai wilayah 3T, Kementerian Kominfo menggandeng TNI AU untuk dapat membantu dalam  proses pembangunan di wilayah 3T. Hal ini sebagai wujud sinergi antar kementerian/lembaga dalam proses pembangunan.

Lebih lanjut,Rudiantara juga menyampaikan bahwa pada Kuartal I 2018, Paket Palapa Ring Barat sudah beroperasi. Rudiantara mendorong agar jaringan Palapa Ring yang telah tersedia, dapat dimanfaatkan terutama oleh pangkalan-pangkalan TNI AU di wilayah perbatasan untuk mendukung akses telekomunikasi .

baca juga: Kominfo Sigap Urus Denny Siregar tapi Lamban di Papua, Roy Suryo: Kasihan

Pada kesempatan yang sama, Kepala Staf TNI AU (KASAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyambut baik kerjasama yang dijalin dengan Kominfo .

Saat ini, TNI AU sedang merintis untuk membuat sekolah-sekolah yang berada di wilayah 3T. Kedepannya, Hadi berharap agar sekolah-sekolah tersebut dapat memiliki akses telekomunikasi yang disediakan oleh Kominfo . Hal ini tentu akan sejalan dengan fokus pembangunan akses internet Kementerian Kominfo yang salah satunya mendukung sektor pendidikan di wilayah 3T. 

Sumber : kominfo  

Penulis: Iwan R