Perluas Akses Telekomunikasi, Kominfo Jalin Kerjasama dengan TNI AU

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Kementerian Komunikasi dan Informatika mengembangkan kerjasama dengan TNI AU guna memperluas dan memeratakan akses telekomunikasi di Indonesia.

Kerjasama bidang komunikasi dan informatika serta pertahanan matra udara untuk penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia itu ditandai dengan penandatanganan Piagam Kerjasama antara Menteri Kominfo Rudiantara dengan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

baca juga: Kominfo: Peran Orang Tua Penting Dampingi Anak Saat Pakai HP

Menteri Kominfo Rudiantara menyebutkan salah satu poin kerjasama itu adalah mengenai pengaturan penyediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana milik TNI AU untuk pemerataan akses telekomunikasi dan informatika.

"Banyak yang sudah dilakukan bersama antara Kominfo dan TNI, diantaranya pembangunan infrastruktur di wilayah 3T dan perbatasan," katanya.

baca juga: Jelang Pilkada Serentak, Kominfo Pastikan Jaga Ruang Digital dari Hoaks

Menurutnya lembaga yang ia pimpin tersebut kini melakukan pembangunan telekomunikasi dengan pendekatan Indonesia sentris.

Pendekatan tersebut dilakukan dengan penyediaan akses internet dengan kecepatan tinggi yang ditujukan menopang sektor pendidikan, kesehatan dan pelayanan publik di seluruh wilayah Indonesia.

baca juga: Gandeng Kominfo, Bappebti Tertibkan Promosi Investasi Ilegal di Media Sosial

"Sebagai aksi nyata dari penandatanganan Piagam Kerjasama, saya menargetkan pada Desember 2017 kami sudah bisa menyediakan akses internet di sekolah-sekolah yang berada di wilayah 3T, tertinggal, terdepan, terluar," paparnya.

Sementara itu, pelibatan TNI AU ditujukan untuk membantu pembangunan prasarana dan sarana akses telekomunikasi agar lebih merata di wilayah 3T.

baca juga: Kominfo Sigap Urus Denny Siregar tapi Lamban di Papua, Roy Suryo: Kasihan

Selain itu bentuk sinergisitas kelembagaan juga terwujud dalam pemanfaatan akses telekomunikasi .

"Pada Kuartal I 2018, Paket Palapa Ring Barat sudah beroperasi. Saya mendorong agar jaringan Palapa Ring yang telah tersedia, dapat dimanfaatkan terutama oleh pangkalan-pangkalan TNI AU di wilayah perbatasan untuk mendukung akses telekomunikasi ," harapnya.

Di sisi lain, Kepala Staf TNI AU (KASAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyambut baik kerjasama dengan Kominfo .

Menurutnya saat ini, TNI AU sedang merintis pembangunan sekolah-sekolah di wilayah 3T.

"Hal ini tentu akan sejalan dengan fokus pembangunan akses internet Kementerian Kominfo yang salah satunya mendukung sektor pendidikan di wilayah 3T," ungkapnya kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa