Kopi Solok Radjo Segera di Ekspor Amerika

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) Provinsi Sumatera Barat Zirma Yusri menyebut pada bulan Juni 2018 mendatang Kopi Solok Rajo (kopi arabica) akan di ekspor ke Amerika Serikat.

Diungkapakannya, pengurus Koperasi Solok Radjo telah mendatangi dirinya, dan menyatakan serius melakukan ekspor.

baca juga: Kedai Kopi Milenial Menjamur di Padang, Gubernur Sumbar: Kontribusi Positif

" Kopi Solok Radjo ini digerakan oleh anak muda di Solok. Mereka telah menyampaikan ke saya tentang kenginannya mengekspor Kopi Solok Radjo ke Amerika Serikat. Tentunya kita di Dinas Koperasi dan UMKM sangat mendukung hal ini," kata Zirma, Jumat, 16 Februari 2018 di Padang.

Ia melanjutkan, untuk ekspor itu kini Koperasi Solok Radjo tengah mengumpulkan sejumlah kopi yang tidak hanya berada di daerah Kabupaten Solok, tapi turut mengumpulkan kopi yang ada di Kerinci, Provinsi Jambi.

baca juga: Orang dengan Kondisi Ini Disarankan Hindari Konsumsi Kopi, Demi Kesehatan

Untuk menjalankan ekspor itu, kini Kopi Solok Radjo ini telah membentuk koperasi yang disebut juga dengan Koperasi Solok Radjo. Bagi sejumlah penikmati kopi , nama Kopi Salok Radjo tidak akan asing lagi di telinga. Maka dari itu, Koperasi Solok Radjo menargetkan kopi jenis arabica yang dikelolanya bisa dinikmati hingga ke luar negeri, yakni ke Amerika Serikat.

Zirma mengaku, belum mengetahui berapa jumlah kopi yang akan ekspor tersebut. Untuk itu, ia berharap Koperasi Solok Radjo untuk mengekspor kopi dengan kualitas bagus, sehingga nantinya Kopi Solok Radjo tidak hanya di ekspor ke Amerika Serikat, tetapi bisa ke berbagai negara lainnya.

baca juga: Minum Kopi Berlebihan, Ingat 5 Efek Sampiang Ini Bagi Tubuh

Sementara itu, Pendiri Koperasi Solok Radjo Teuku Firmansyah mengatakan untuk mengembangkan Kopi Solok Radjo telah dibentuk sebuah koperasi pada tahun 2014 lalu. Melalui koperasi itu telah memiliki ratusan anggota yang sebagian besarnya merupakan petani kopi .

Ia menceritakan, Kopi Solok Radjo ini mulai dikenal oleh orang banyak disaat memenangkan sebuah seleksi pelatihan Q Grader. Semenjak itu, Kopi Solok Radjo dikenal oleh banyak orang, karena memiliki rasa yang khas dan mengeluarkan aroma yang wangi.

baca juga: Sulthan Indra, Penyair Muda Pembranding Kopi Asli Pesisir Selatan

"Kita tentunya mentergetkan Kopi Solok Radjo dieskpor, agar kopi di Sumbar ini dikenal hingga ke luar negeri. Soal ketersedian kopi , melalui koperasi yang dibentuk, diharapkan ketersedian kopi dapat dipenuhi," ujarnya.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R