Ada Rumah Barbie di Kabupaten 50 Kota

Rumah yang dicap mirip Rumah Barbie di Kabupaten 50 Kota.
Rumah yang dicap mirip Rumah Barbie di Kabupaten 50 Kota. (Arya Irfanus)

KLIKPOSITIF -- Sebuah rumah yang terletak di Kuranji, Kabupaten 50 Kota, terlihat berbeda dari bangunan lain di kawasan itu. Arsitektur rumah berwarna putih itu mirip perumahan di Eropa.

Jendelanya besar, jumlahnya sekira 20 buah. Ada tiga ruang besar yang terletak di samping kiri, tengah dan kanan. Di depan rumah terpampang halaman yang hijau dan luas.

baca juga: Ramadan Usai, Ini Tips Tetap Sehat dari Pakar Gizi

Yang paling unik dan terlihat menonjol adalah atapnya. Atapnya berbentuk memanjang ke atas, mirip kastil yang biasa dilihat dalam film-film imajinasi Eropa seperti Hary Potter.

Masyarakat setempat menyebutnya Rumah Barbie. Kata Barbie mengacu kepada boneka perempuan cantik yang diberi nama Barbie, dipoduksi oleh Amerika.

baca juga: Banyak Makanan Manis Selama Lebaran, Ini Kiat Tetap Sehat

Salah seorang keluarga pemilik rumah, Khairul Abbas, mengatakan, rumah ini dibangun sekira tahun 2003. Ada enam kamar yang tersedia di dalam rumah.

Menurutnya, sebutan Rumah Barbie diberikan oleh pengunjung. "Ada juga yang menamainya dengan Rumah Putih atau Rumah Belanda," katanya.

baca juga: Doa Akhir Ramadan yang Dibaca Rasulullah, Latin dan Maknanya

Dengan keunikannya, rumah ini tak hanya jadi tempat tinggal. Ia banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat keunikan rumah. Paling banyak melakukan selfie. "Bahkan ada yang datang dari luar 50 Kota," ujar Khairul Abbas.

Di bulan Ramadan ini, sebutnya, Rumah Barbie ini banyak dijadikan pengunjung sebagai lokasi ngabuburit (menunggu waktu berbuka).

baca juga: Meski Ditengah Pendemi COVID-19, Tradisi Malamang Sambut Lebaran di Pessel Tetap Bertahan

Bagi yang ingin datang ke sana, cukup mudah. Dari kota Payakumbuh dapat ditempuh sekitar 20 menit menuju arah Suliki.Sesampainya di Kuranji, tanyakanlah ke warga sekitar karena lokasinya cukup terpencil.

[Arya Irfanus]

Penulis: Pundi F Akbar