BMKG : Gelombang Tinggi Berlangsung Hingga Agustus

Air Menggenangi Jalanan di salah satu Jalan di Kota Padang
Air Menggenangi Jalanan di salah satu Jalan di Kota Padang (Halbert/KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF – Badan Metereologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat gelombang air laut tinggi berlangsung hingga Agustus mendatang.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Metereologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat, Budi Iman Samiaji mengatakan, kejadian ini terjadi karena pada bulan Juni, jarak bulan dan bumi semakin dekat dan membuat gelombang air laut naik.

baca juga: Sumbar Super Market Bencana, Gubernur: Kita Harus Bergerak Cepat, Tepat dan Efisien

"Selain masalah jarak bulan terlalu dekat dengan bumi, kecepatan angin dan gelombang juga menjadi penyebab terjadinya banjir Rob ini. Kejadian ini akan berlanjut hingga Agustus mendatang," katanya pada KLIKPOSITIF , Selasa (7/6).

Tingginya air laut membuat terjadinya banjir air laut (Rob) yang menggenangi jalanan Kota Padang bagian pesisir pantai dengan ketinggian hingga 60 cm. Menurut pantauan KLIKPOSITIF , air menggenangi jalan di daerah Ulak Karang hingga Air Tawar.

baca juga: Aktivitas Merapi Meningkat, Lebih dari Seribu Orang Dievakuasi

“Sebelum gempa 2009, tidak pernah terjadi seperti ini. Setelah gempa, setiap air pasang, sering terjadi seperti ini," kata salah satu warga, Azwir (43).

 Kepala Bidang Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kota Padang, N Sugana mengatakan, penyebab banjir rob kali ini karena memang siklus tahunan. "Ini kan tidak hanya daerah kita saja yang terkena dampaknya, ini adalah pengaruh iklim," ujarnya.

baca juga: Dinas Kehutanan Sumbar Sebut Hal ini Picu Penyebab Banjir di Sebagian Lengayang Pessel

Untuk mengatasi itu, pihaknya memasang karung yang diisi pasir. "Kita melakukan pemasangan 1000 karung yang berisi pasir, yang dimulai di daerah Sungai Barameh," ulasnya.

(Halbert Chaniago)

baca juga: Sungai Meluap, Akses Antar Kampung di Kambang Utara Pessel Lumpuh Total Terendam Banjir

 

 

Penulis: Rezka Delpiera