PBB Hapus Daftar Hitam Arab Saudi dari Pelaku Pelanggaran

Anak-anak Yaman
Anak-anak Yaman (http://img.eramuslim.com/)

KLIKPOSITIF - PBB menghapus koalisi militer pimpinan Arab Saudi dalam daftar hitam pelaku pelanggaran hak anak dalam di Yaman.

Sebelumnya, Arab Saudi meminta laporan PBB yang menyimpulkan koalisi pimpinannya atas kematian 785 anak di Yaman sepanjang tahun lalu "dikoreksi".

baca juga: Tentara Menyerah, Kekuasaan ISIS di Suriah Telah Runtuh

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyetujui usul Arab Saudi untuk meninjau kembali fakta-fakta dan kasus-kasus yang dikutip dalam laporan gabungan itu. "Sembari menunggu kesimpulan dari peninjauan bersama, sekretaris jenderal menghapus koalisi dari lampiran laporan," kata Dujarric.

Dilansir dari laman AFP, Ia sebelumnya membela laporan itu dan menyatakan daftarnya tidak akan diubah. Namun beberapa jam kemudian juru bicara mengeluarkan pernyataan mengumumkan koalisi akan dihapus dari daftar sampai peninjauan kembali dilakukan.

baca juga: Puluhan Anak-anak Meninggal Dunia di Kamp Suriah Akibat Cuaca Ekstrem

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi Abdullah al Mouallimi mengatakan koalisi merasa lega mengetahui penghapusan koalisi dalam daftar hitam tanpa syarat.

Mouallimi sebelumnya sangat kecewa dengan laporan itu dan menganggap itu teralu dibesar-besarkan. Human Rights Watch menuduh Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyerah pada tekanan Arab Saudi, mencatat bahwa PBB sendiri mendokumentasi serangan-serangan udara koalisi ke sekolah dan rumah sakit di Yaman.

baca juga: Badai Baru Pengungsi Suriah di Libanon

Penulis: Fitria Marlina