Menteri Anies: Anggaran Kemendikbud Dipangkas Rp6,5 Triliun

Menteri Pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan
Menteri Pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan (net)

KLIKPOSITIF - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan anggaran Kemendikbud dipangkas Rp 6,5 triliun. Dia mengatakan potongan itu dari alokasi anggaran 2016 Rp 42,6 triliun.

Dia menyebutkan pemotongan ini merupakan penghematan Rp 3,68 triliun untuk efisiensi belanja operasional, dan Rp 2,89 triliun untuk belanja lainnya. Pemangkasan terjadi juga karena pengurangan anggaran di sejumlah kementerian.

baca juga: Kemendikbud: Orang Tua Berhak Tolak Anaknya Belajar Tatap Muka, Tapi....

"Pengurangan berasal dari kegiatan yang bersifat pendukung. Program prioritas seperti pembangunan kelas baru tetap bisa dilakukan," ujarnya.

Anies menyebutkan perjalanan dinas tetap dilakukan karena melekat dengan program-program Kemdikbud. Menurut Anies ada dua strategi efisiensi anggaran yang akan dilakukan. Strategi penggunaan anggaran 2016 lebih kepada pengurangan volume. Kedua, penyelenggaraan kegiatan akan lebih melibatkan pemerintah daerah melalui skema Dana Alokasi Khusus (DAK).

baca juga: Nadiem Makarim : Mohon Maaf Nih Saya Sedikit Emosional Mengenai Hal Ini

Selain itu, penghematan juga diusulkan dari biaya operasional non gaji. Pembangunan gedung baru (yang masih diblokir karena moratorium), pengadaan tanah baru, perjalanan dinas yang tidak terkait dengan kegiatan prioritas, jasa konsultan dan jasa profesi.

Belanja barang noninfrastruktur termasuk kendaraan yang belum terkontrak, dan bantuan pembangunan sarana pendidikan dan peralatan pendidikan yang diserahkan kepada masyarakat/daerah yang jika dikurangi sehingga tidak menimbulkan gejolak sosial juga termasuk dalam sumber penghematan.

baca juga: Nadiem Sebut Tak Mungkin Ubah Sistem Pendidikan dalam 5 Tahun

Penulis: Ramadhani