Dishub Usul Angkutan Barang Dilarang Melintas H-7 Lebaran

Dishub Usul Angkutan Barang Melintas H-7 Lebaran
Dishub Usul Angkutan Barang Melintas H-7 Lebaran (http://cdn.klimg.com/)

KLIKPOSITIF - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat mengusulkan seluruh angkutan barang dilarang melintas jalur mudik di wilayah Jawa Barat mulai H-7 hingga H+7 Lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, untuk angkutan barang, ada usulan H-5 sampai H+3 dilarang. "Tapi kita usul khusus Jawa Barat, pada H-7 sampai H+7 truk angkutan barang sudah dilarang melintas di jalur mudik," katanya di Bandung, Selasa 7 Juni 2016.

baca juga: Ramadan Usai, Ini Tips Tetap Sehat dari Pakar Gizi

Namun, usulan tersebut tidak berlaku untuk angkutan barang bahan bakar minyak (BBM), ekspedisi Pos, ternak serta angkutan yang membawa kebutuhan bahan pokok atau sembako.

Usulan itu diutarakan karena berdasarkan data yang dimilikinya ketika libur panjang akhir tahun lalu ada lonjakan kendaraan di pintu Tol Utama Cikarang hingga 38 persen.

baca juga: Banyak Makanan Manis Selama Lebaran, Ini Kiat Tetap Sehat

"Jumlah itu ternyata didominasi angkutan barang, itu jadi penyebab kemacetan apalagi nanti pas arus mudik dan balik Lebaran. Maka kita pastikan H-7 sampai H+7 untuk Jabar," kata dia.

Dilansir dari laman Antara, usulan itu akan dibahas oleh kementerian terkait seperti Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian. "Selain hasil rapat arahan dari Kemenhub kami juga akan menyiapkan kantong-kantong parkir di Jalur Pantura, Tengah dan Selatan, kalau nanti terjadi kemacetan," katanya.

baca juga: Doa Akhir Ramadan yang Dibaca Rasulullah, Latin dan Maknanya

Penulis: Fitria Marlina