Pemko Padang Bantah Ada Pemalakan di Pantai Air Manis

Pantai Air Manis Padang
Pantai Air Manis Padang (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Padang membantah adanya pemalakan berkedok parkir dan retribusi karcis masuk ke kawasan wisata Pantai Air Manis.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi terkait laporan dari pengunjung yang membayar hingga Rp 15 Ribu untuk bisa masuk ke kawasan objek Wisata Batu Malin Kundang tersebut melalui gerbang dua.

baca juga: Beritakan Nasrul Abit Keturunan Partai Komunis, Pimred Akurat.co Minta Maaf

"Menurut laporan yang saya terima, uang 15 Ribu itu rinciannya Rp 10 ribu untuk parkir dan Rp 5000 untuk karcis masuk. Gerbang dua itu dikelola oleh masyarakat pemilik tanah disana," katanya pada KLIKPOSITIF , Senin 4 April 2016.

Sedangkan dalam laporan yang diterimanya itu pengunjung yang masuk melalui gerbang pertama hanya mengeluarkan biaya Rp 5000 untuk karcis masuk dan Rp 5000 untuk biaya parkir kendaraan.

baca juga: Atasi Sampah di Pantai Air Manis, PT PSM Berencana Buat Paving Block dari Sampah Plastik

Menurut Medi pengelolaan dua gerbang masuk di Pantai Air Manis ini memang dikelola oleh Pemko Padang dan masyarakat setempat, gerbang satu dikelola oleh Pemko Padang dan gerbang dua oleh warga.

"Pengelola gerbang dua itu diambil oleh masyarakat karena kawasan gerbang dua itu merupakan tanah ulayat," jelasnya.

baca juga: Gempa Guncang Pagai Selatan Mentawai, Dirasakan Hingga ke Padang

Jadi terkait adanya laporan dari pengunjung itu, pemko menegaskan hal tersebut bukan pemalakan karena sebut Medi karcis masuk dan parkir yang dikelola oleh warga itu pajaknya juga dibayarkan pada pemerintah.

"Dari pemasukan parkir dan karcis masuk yang dikelola oleh warga itu, pajaknya dibayarkan ke pemerintah, jadi kalau ada warga yang membayar lebih mahal di gerbang dua ketimbang di gerbang satu, itu bukan pemalakan. Harganya sudah disepakati antara pemko dan masyarakat," tegas Medi.

baca juga: Ini Targetkan PAD Pemko Padang dari Pantai Air Manis

[Ocky Anugrah]

Penulis: Fitria Marlina