Usai Dilantik Gubernur, Dua Wali Kota Ini Langsung Jalankan Program 100 Hari

Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang serta Pariaman di Aula Gubernuran.
Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang serta Pariaman di Aula Gubernuran. (Humas Pemprov Sumbar)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Setelah melantik Wali Kota Sawahlunto beberapa waktu lalu. Kali ini, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melantik pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran-Asrul serta pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar-Mardison Mahyuddin, Selasa (9/10) di aula kantor Gubernur .

Usai dilantik keduanya memaparkan beberapa program kerjanya untuk 100 hari kedepan. "Kami akan langsung bekerja setelah dilantik ini. Yakni menjalakan beberapa program yang telah disusun bersama dengan pak Asrul untuk masyarakat Padangpanjang. Ada program kita yang langsung menyentuh masyarakat," ujar Fadly Amran didampingi Wakil Wali Kota, Asrul.

baca juga: DPRD Kota Padang Usulkan Hendri Septa Jadi Walikota Padang ke Mendagri

Disebutkannya, salah satu program yang langsung menyentuh masyarakat. Yakni, menyediakan transportasi bagi masyarakat yang akan dirujuk ke rumah sakit. "Ada program kita itu namanya siaga emergency, dimana warga kita yang sakit hendak dirujuk akan dijemput sekaligus diantar kemana tujuan rumah sakitnya meskipun di luar kota. Itu akan kita koordinasikan dengan Dinas Kesehatan," katanya.

Selain program itu, ada beberapa program lain yang akan dilakukan, seperti pembangunan sarana dan prasana penunjang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

baca juga: Demo Mahasiswa Soal Penyelewengan Dana Covid-19, Ini Tanggapan Gubernur Baru Sumbar

Sementara itu, pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar-Mardison Mahyuddin mengatakan, dalam 100 hari kedepan. Dirinya akan berkonsentrasi kepada beberapa sektor diantaranya Pariwisata, Pendidikan dan Kesehatan.

"Untuk pariwisata akan kembali menata ulang kawasan objek wisata serta menambah destinasi wisata baru. Sehingga, kunjungan wisata ke Pariaman akan terus meningkat," ujarnya.

baca juga: Dilantik Presiden Jokowi, Hari Ini Mahyeldi - Audy Resmi Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar

Sedangkan sektor pendidikan, memiliki program satu rumah satu sarjana bagi keluarga miskin. Saat ini sudah ada beberapa anak-anak muda pariaman menempuh pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian.

"Saat ini sudah berlangsung. Ada 15 anak Pariaman yang melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Padang. Karena kita sudah melakukan kerjasama dengan Politeknik Negeri Padang. Dan kita akan kerjasama lagi dengan beberapa Politeknik lainnya," ujarnya.

baca juga: Besok Gubernur dan Wagub Sumbar Terpilih Dilantik Presiden di Istana Negara

Disebutkannya, pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian ini dipilih karena sesudah menempuh pendidikan anak-anak ini telah memiliki keahlian untuk terjun langsung untuk bekerja.

"Mereka ada keahlian. Bisa buka usaha sendiri atau bekerja di perusahaan besar. Sehingga, mereka tidak perlu menunggu-nunggu lagi untuk melamar kerja. Sebab keahlian itu yang akan membawa mereka untuk bekerja. Maka, semua rumah kita targetkan memiliki sarjana," katanya.

Kesempatan yang sama, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap Wali Kota Padangpanjang dan Kota Pariaman yang dilantik ini dapat menjalankan program-program yang mensejahterakan masyarakat sesuai dengan visi dan misi sewaktu kampanye.

"Kita ingin janji-janji ke masyarakat sewaktu kampanye dapat langsung dikerjakan. Apalagi program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraanya," pungkasnya.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Agusmanto