Kelompok Lanjut Usia Ikuti Ujian Paket C di Kalimantan Barat

Ujian Nasional
Ujian Nasional (Net)

KLIKPOSITIF - Sebanyak 22 warga binaan Lapas Kelas II B Singkawang, Kalimantan Barat mengikuti Ujian Nasional Paket C.

"Yang ikut ada sebanyak 22 warga binaan," kata Kasi Binadik, Lapas Kelas II B Singkawang, Florensius di Singkawang, Senin 4 April 2016.

baca juga: UN 2020 Dihapus karena Corona, Kemendikbud Kaji Opsi USBN

Menurutnya, peserta yang ikut ujian Paket C itu tidak hanya diikuti dari kalangan muda namun juga yang lanjut usia. "Ujian Nasional Paket C ini, akan berlangsung dari Senin sampai Kamis. Dan dimulai dari pukul 13.30 sampai pukul 15.00 wib," jelasnya.

Ujian itu menjadi harapan besar bagi narapidana yang belum berkesempatan memiliki ijazah SMA. Terlebih, pembinaan pendidikan kepada warga binaan ini merupakan salah satu bentuk hak yang wajib diberikan kepada mereka.

baca juga: Terkendala Jaringan Internet, 5 Sekolah di Agam Belum Bisa Laksanakan UNBK

"Dan pelaksanaan ujian nasional di Lapas Singkawang ini juga, lanjutnya, merupakan salah satu Lapas dari dua Lapas di Indonesia yang melaksanakan ujian nasional Paket C untuk narapidana," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Singkawang, HM Nadjib mengatakan, berdasarkan kunjungannya di beberapa sekolah, dihari pertama ujian nasional berjalan lancar, baik yang online maupun yang naskah.

baca juga: Ini Ketentuan "Merdeka Belajar" dalam SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2020

Dalam pemantauan itupun, pihaknya masih belum menemukan kendala-kendala seperti, kekurangan naskah ujian, masalah server, dan lain-lain. "Alhamdulilah, kita belum mendapat laporan kendala-kendala seperti itu," katanya.

[Ant]

baca juga: Hadiri Muhasabah di MTsN 6, Wabup Tanah Datar Motivasi Siswa Hadapi UN

Penulis: Fitria Marlina