Ombudsman Sumbar Temukan Kunci Jawaban UNBK di Tempat Sampah

Kunci jawaban itu ditemukan di dalam tempat sampah
Kunci jawaban itu ditemukan di dalam tempat sampah (Net)

KLIKPOSITIF - Ombudsman Republik Indonesia Sumatera Barat menemukan tujuh kunci jawaban Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA yang baru digelar hari ini.

Kunci jawaban itu ditemukan di dalam tempat sampah di Sekolah Menengah Atas di Kota Padang. "Itu merupakan kunci jawaban Bahasa Indonesia dan Geografi," kata Staf Ombudsman Sumbar, Adel pada KLIKPOSITIF , Senin 4 April 2016.

baca juga: UN 2020 Dihapus karena Corona, Kemendikbud Kaji Opsi USBN

Menurutnya dalam kertas itu tertera kunci jawaban untuk 5 paket soal Ujian Nasional, namun saat ditanyai identitas sekolah Ombudsman enggan memberi keterangan.

Adel menyebut pihaknya perlu memastikan lagi soal kebenaran kunci jawaban ini, "kita belum pastikan kunci jawaban ini asli atau palsu," ujarnya.

baca juga: Terkendala Jaringan Internet, 5 Sekolah di Agam Belum Bisa Laksanakan UNBK

Meski demikian Ombudsman tetap menyelidiki asal kunci jawaban ini, serta indikasi bocornya jawaban ujian hingga ke tangan peserta ujian.

"Kami akan selidiki kunci ini apakah diberi cuma-cuma pada pelajar atau pelajar dipungut uang untuk mendapatkan kunci ini, indikasinya seperti apa akan kita pastikan," tutup Adel.

baca juga: Ini Ketentuan "Merdeka Belajar" dalam SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2020

[Ocky Anugrah]

Penulis: Fitria Marlina