Wagub Sumbar : Kita Butuh Banyak Dana untuk Pelaksanaan TdS

Wagub Sumbar Nasrul Abit
Wagub Sumbar Nasrul Abit (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Mulai tahun ini, Kementerian Pariwisata menyerahkan penyelenggaraan Tour de Singkarak (TdS) kepada daerah. Itu artinya semua pendanaan ditanggung provinsi dan kabupaten/kota.

Untuk itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meminta Bupati/Walikota memasukan biaya dari penyelenggaraan TdS dalam anggaran murni, tidak menunggu anggaran perubahan.

baca juga: Matangkan Praktik Notaris, Pengwil INI Sumbar Kembali Gelar Magang Bersama

Menurutnya, ke depan akan ada edaran Gubernur untuk kabupaten dan kota soal anggaran tersebut, sehingga daerah memiliki dasar dalam menganggarkan dana TdS.

"Kita butuh banyak dana untuk pelaksanaan TdS, maka perlu disiapkan betul dananya," kata Nasrul Abit, usai grand opening TdS 2018 di Bukittinggi, Sabtu malam.

baca juga: Andre Rosiade Semakin Yakin Pasangan NA-IC Menang di Pilgub 2020

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian mengatakan, dalam penyelenggaraan TdS menghabiskan dana sekitar Rp 16 miliar. Untuk TdS 2018 ini Pemprov Sumbar menyediakan sebanyak Rp8 miliar, selebihnya sumbangan dari kabupaten dan kota serta sponsor.

Dijelaskannya, Kementerian Pariwisata hanya membantu sekitar Rp600 juta untuk biaya promosi. Itupun mereka yang mengelola.

baca juga: Drainase di Payakumbuh Dipenuhi Minyak, Ini yang Terjadi

"Dengan diserahkan kepada daerah dalam hal ini provinsi, tentunya tanggungan kita semakin besar. Ke depan bagaimana biaya ini dikeroyok secara bersama," kata Oni.

Untuk diketahui, pagi ini pukul 10.00 WIB, 21 tim akan memulai balapan pada di Stage 1 Kota Bukittinggi - Kabupaten Sijunjung (140,5 kilometer) Start dari Lapangan Kantin - Panorama - Pasar Banto (loop 1X)-Jalan Raya Bukittinggi Payakumbuh - Baso - Batusangkar - Istano Pagaruyuang - Saruaso - Sitangkai - Tanjung Ampalu- Gambok- Muaro Tobi - Tanah Badantuang - Lintas Sumatera - Perkampungan adat- dan finish Gedung Pancasila Sijunjung.

baca juga: Delapan Bulan Dicari, Pelaku Jambret di Padang Akhirnya Ditangkap

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R