Pagi Ini, 151 Penyelam Dikerahkan Cari Black Box dan Korban Lion Air

Sebanyak 151 penyelam diterjunkan untuk pencarian Black Box Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Minggu (4/11/2018)
Sebanyak 151 penyelam diterjunkan untuk pencarian Black Box Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Minggu (4/11/2018) ([Suara.com/Chyntia Sami)

KLIKPOSITIF -- Sebanyak 151 penyelam diterjunkan guna melakukan pencarian kotak hitam atau black box Cockpit Voice Recorder (CVR) milik pesawat Lion Air JT610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Para penyelam itu terdiri dari penyelam profesional gabungan.

Menurut data yang dihimpun dari Posko Jakarta International Container Terminal (JICT) II Tanjung Priok, para penyelam terdiri dari Tim Basarnas Special Group (BSG) sebanyak 41 orang, Kantor SAR Semarang sebanyak 5 orang, POSSI sebanyak 16 orang, Indonesia Diver sebanyak 16 orang, Komando Pasukan Katak (Kopaska) sebanyak 38 orang, Detasemen Jalamangkara (Denjaka) sebanyak 28 orang.

baca juga: Dinilai Ambil Keuntungan di Tengah Covid-19, Wako Padang Minta Menhub Tegur Lion Air

Selain itu, ada pula Tim Penyelam Taifib atau Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir sebanyak 17 orang, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Indonesia (KPLP) sebanyak 7 orang, Korps Brigade Mobil (Brimob) sebanyak 4 orang, dan Polair sebanyak 14 orang.

Dikutip dari laman suara.com, media jaringan KLIKPOSITIF .com, para penyelam telah diberangkatkan pada Minggu (4/11/2018) sejak pukul 7.00 WIB. Pada hari ke-7 pasca jatuhnya pesawat dengan nomor registrasi PK-LPQ itu, para penyelam difokuskan mencari black box dan juga korban yang masih terjebak dengan luas radius pencarian penyelaman 2,7 kilometer dan radius pencarian bawah air 5,4 kilometer.

baca juga: Lion Air Sebut Empat Penumpang JT-524 Tidak Terindikasi Virus Corona

Untuk total personel keseluruhan, tim SAR gabungan yang dikerahkan ada sebanyak 1.396 orang. Mereka terdiri dari tim Basarnas, TNI, Polri dan unsur lainnya.

Untuk diketahui, peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air diketahui oleh Kansar Tanjung Priok melalui info dari VTS pukul 07.05 bahwa kapal Tug Boat As Jaya 11 pada posisi koordinat 05 49.727 S -107 07.460 E dengan Heading 40 derajat timur laut, Tanjung Karawang. (*)

baca juga: Iran Klaim Tangkap Pelaku Penembakan Pesawat Ukraina

Penulis: Iwan R