Berminat untuk Kemping dalam Laut? Tenda Ini Bisa Jadi Solusi

Tenda bawah laut
Tenda bawah laut (net)

KLIKPOSITIF -- Ilmuwan baru saja menciptakan sebuah penemuan yang hebat. Bagaimana tidak, mereka membuat tenda bawah laut yang sangat berguna bagi penyelam di kedalaman. Penyelam scuba atau sering dikenal sebagai SCUBA diver sering mengalami kesulitan ketika berada di laut dalam.

SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) diver, hanya memiliki waktu terbatas ketika di bawah air. Ketika persediaan udara semakin terbatas di laut yang dalam, itu bisa sangat melelahkan bagi penyelam untuk kembali ke permukaan.

baca juga: Semen Padang Patenkan Tiga Inovasi, Salah Satunya Pemijahan dan Pembiakan Ikan Bilih

Seorang penjelajah dari National Geographic bernama Michael Lombardi dan seorang profesor dari Universitas New York, Winslow Burleson, berhasil menciptakan Ocean Space Habitat (OSH). Tenda bawah laut ini dibangun untuk mengatasi tantangan terbesar yang dimiliki oleh penyelam .

Ocean Space Habitat memungkinkan penyelam memiliki 'tenda yang nyaman' ketika berada pada puluhan hingga seratusan meter di dalam laut . Penyelam dapat makan, beristirahat sejenak, melepas alat scuba mereka, bahkan memungkinkan mereka untuk tidur di dalam OSH.

baca juga: Inovasi Baru, Confidence Luncurkan Popok Dewasa untuk Pria dan Wanita

Perangkat ini dapat membantu ilmuwan atau penyelam yang sedang melakukan penelitian di laut dalam. Tenda bawah laut ini terbuat dari perpaduan unik antara vinil, nilon dan poliester pendukung serta perangkat keras stainless steel.

Dikutip dari Digital Trends, seluruh tempat penampungan ini hanya seberat 22,7 kilogram hingga 91 kilogram, tergantung konfigurasi yang dipilih oleh penyelam . Scrubber karbon dioksida di dalam perangkat dapat memberikan suasana yang nyaman hingga enam jam.

baca juga: Karyawan Semen Padang Lahirkan Aplikasi Japuik Anta yang Diimplementasikan di SIG Group dan Mampu Menekan Biaya Rp1,4 M

Terdapat baterai yang dapat diisi ulang untuk menghidupkan kipas internal sehingga sirkulasi udara bisa lancar. Selama ini, penyelam laut dalam dihadapkan dengan persoalan pengisian tangki udara. Apabila mereka naik terlalu cepat ke permukaan, maka penyelam bisa mengalami 'penyakit dekompresi'.

Tenda bawah laut ini diharapkan dapat mengatasi masalah di atas dan memberikan ruangan yang nyaman di bawah laut . Untuk saat ini, OSH baru dalam tahap prototipe. Lombardi dan Burleson sudah bekerja dengan mitra potensial, tenda bawah laut atau OSH ini diprediksi akan dibuat untuk versi komersial dalam waktu dekat. (*)

baca juga: Ratusan Ilmuwan Sebut WHO Juga Perlu Perhatikan Transmisi Aerosol Virus Corona Melalui Udara

sumber: HiTekno

Penulis: Agusmanto