Penilaian ANRI, Pengawasan Arsip di Sumbar Kategori Baik

Nasko kuno yang belum diterjemahkan di Kantor Arsip Sumbar
Nasko kuno yang belum diterjemahkan di Kantor Arsip Sumbar (Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Arsip Nasional Republik Indonesia ( ANRI ) tahun 2018 telah melakukan penilaian terhadap hasil pengawasan kearsipan di Kementerian lembaga dan pemerintah daerah termasuk di Sumbar. Hasil positif Sumbar masuk dalam kategori "Baik".

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, pengawasan kearsipan menjadi salah satu indikator penilaian ANRI dalam evaluasi reformasi birokrasi.

baca juga: Naskah Asli Teks Proklamasi Akan Ditampilkan di Istana Merdeka

"Alhamdulillah kita masuk kategori baik dalam pengawasan kearsipan dari penilaian ANRI ," kata Sekdaprov Sumbar Alwis, Jumat, 22 Februari 2019.

Dilanjutkan Alwis, ANRI juga akan menyelenggarakan acara Rakor Pengawasan Arsip Nasional di Kota Padang. "Kita mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan
Rapat Koordinasi Pengawasan Kearsipan Nasional tahun 2019," ujarnya.

baca juga: Semen Padang Targetkan Raih Akreditasi A Bintang Empat Kearsipan

Dalam rangkaian kegiatan tersebut ANRI akan menyampaikan penghargaan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota yang telah memperoleh penilaian hasil pengawasan dalam kategori”sangat baik” dan “baik”, serta penyerahan hasil pengawasan kearsipan tahun 2018 terhadap pemerintah daerah provinsi.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 27 Februari sampai 1 Maret 2019 di Hotel Pangeran Beach Padang. Peserta rapat berasal dari kementerian/ lembaga dan lembaga kearsipan daerah provinsi/ kabupaten/kota seluruh Indonesia dengan jumlah diperkirakan sebanyak 746 orang.

baca juga: Semen Padang Musnahkan 5120 Boks Arsip

"Tentunya acara sebesar ini akan mampu meningkatkan kunjungan wisata ke Sumatera Barat, walau masih dalam kondisi tiket pesawat yang masih tinggi. Mudah-mudahan acara ini dapat berlangsung dengan baik. Kepada para panitia penyelenggaraan diharapkan melayani tamu dengan sebaik mungkin dan ini untuk kebaikan nama Sumbar," harapnya.

Sekretrlaris Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumbar Drs. Alfindri MSi juga menambahkan, kategori Baik tidak terlepas dari dukungan kerjasama yanga kawan-kawan di Badan Arsip serta para peneliti, dari berbagai pergurian tinggi di Sumbar.

baca juga: Sumbar Kekurangan Arsiparis, Sekdaprov Sumbar : Rekrutmen Mesti Dilakukan

"Alhamdulillah padahal masih banyak provinsi lainnya dengan kategori nilai “Kurang” bahkan “Buruk". Ini sungguh luar biasa berkat kerja keras kita bersama," ujarnya.

(Joni Abdul Kasir)

Penulis: Rezka Delpiera