Sekdaprov Sumbar : Arsiparis Ujung Tombak Pengelolaan Dokumen Arsip Pemerintah

Sekdaprov Sumbar Alwis
Sekdaprov Sumbar Alwis (Joni Abdul Kasir/Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekdaprov Sumbar Alwis mengatakan, arsip merupakan salah satu sumber informasi yang akurat dan merupakan bukti dari kegiatan yang dilakukan.

Katanya, informasi yang terekam dalam media arsip menjadi kebutuhan bagi organisasi saat ini maupun yang akan datang yang harus tetap tersimpan dalam jangka waktu tertentu.

baca juga: Pemprov Sumbar Masih Menunggu SK Pjs, Kabiro Organisasi: Idealnya Hari Ini Sudah Dilantik

Untuk itu, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) harus memiliki petugas arsip atau yang lebih dikenal dengan Arsiparis. Sehingga dokumen arsip terkelola dengan baik.

"Petugas apakah itu arsiparis, sekretaris di bidang tertentu harus ada dan tahu soal kearsipan ," ujarnya saat Sosialisasi Kearsipan bagi sekretaris dan pengelola arsip Kelurahan tahun 2019 di Hotel Grand Sari, Senin (11/3/2019).

baca juga: Lantik Empat Pejabat Eselon II, Gubernur Sumbar: Jangan Kasak-Kusuk

Dijelaskannya, petugas profesional bisa membedakan sesuai jenis, sifat, bentuk dan fungsi arsip . Sehingga jika suatu saat dibutuhkan mereka bisa mencapai sesuatu klasifikasi arsip yang telah disimpan dan disusun dengan baik dan benar.

"Sebagai aparatur daerah arsiparis merupakan ujung tombak dalam reformasi administrasi pemerintahan dan pembangunan melalui pengelolaan arsip secara benar di satuan kerja masing-masing sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," sebut mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan itu.

baca juga: Kran Perjalanan Dinas dan Klaster Rumah Bagonjong

Lebih lanjut Alwis mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar yang telah berprestasi dan menerima penghargaan Kearsipan kategori Baik tahun 2018 dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

"Kami sangat bangga atas penghargaan tersebut ini suatu prestasi yang baik, semua ini tidak lepas dari perjuangan kita, yang terpenting bagaimana caranya kita bisa menjadi yang sangat baik atau mempertahankan kategori baik," ucap Alwis.

baca juga: Sumbar Hapuskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor, Sekda: Segeralah Bayar Pajak!

Dia berharap kedepan kearsipan Sumbar bisa meningkatkan kinerja sehingga bisa meraih kategori sangat baik. "Jangan sampai prestasi ini turun, marilah kita buat terobosan baru agar masyarakat kita bisa lebih mudah dalam pelayan publik," pungkasnya.

(Joni Abdul Kasir)

Penulis: Rezka Delpiera