Punya Nilai Historis, Lanud Sutan Sjahrir Padang Laksanakan Bakti Sosial di Nagari Piobang

Komandan Lanud Sutan Sjahrir Padang Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro saat memantau kesiapan Nagari Piobang.
Komandan Lanud Sutan Sjahrir Padang Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro saat memantau kesiapan Nagari Piobang. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Dalam rangka memperingati HUT TNI AU ke-73 yang jatuh pada 9 April nanti, Komandan Lanud Sutan Sjahrir (Sut) Padang Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro bersama Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kasau, Marsda TNI Iman Sudrajat direncanakan hadir langsung di Nagari Piobang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota untuk melaksaakan kegiatan karya bakti dan bakti sosial, Kamis (27/3) besok.

Nagari Piobang memang memiliki nilai historis dengan TNI AU , di daerah tersebut terdapat lapangan terbang yang cukup bersejarah bagi TNI AU dan NKRI.

baca juga: Tinjau Alat Peringatan Dini Gempa, Ini Pesan Bupati Irfendi Arbi

"Piobang dan TNI AU tidak bisa dipisahkan dan erat hubungannya. Saat ini, lapangan terbang Piobang tidak hanya dipakai untuk militer saja tetapi juga digunakan oleh masyarakat sehingga ada manfaat bagi masyarakat. Memilih Piobang di hari jadi TNI AU merupakan bentuk kedekatan kami dengan masyarakat Piobang dan juga untuk menjalin silaturahmi," kata Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro.

Diantara rangkaian kegiatan karya bakti dan bakti sosial yang akan dilaksanakan adalah peresmian enam pos kamling serta satu lapangan voli siap pakai yang dibangun oleh prajurit TNI AU Lanud Sutan Sjahrir Padang bersama masyarakat sekitar.

baca juga: "Camping Menggulai Kambing" Cara Pemuda Kayu Kolek Pulihkan Kembali Pariwisata

"Besok juga akan dilaksanakan pembagian sembako, kacamata baca, serta pengobatan massal gratis untuk seluruh masyarakat," kata Kolonel Pnb Purwanto Adi Nughoro, Rabu (27/3).

Lebih lanjut, ia menerangkan, dalam pelaksanaan kegiatan pihaknya tidak hanya melibatkan prajurit Lanud Sutan Sjahrir tapi juga turut melibatkan masyarakat, ormas, dan petugas kesehatan lainnya.

baca juga: Booming Sepeda Sanki di Payakumbuh, Minions Rider Restorasi Sepeda Jadul Jadi Trendi

"Ini bentuk wujud sinergitas TNI AU dengan masyarakat, pengabdian TNI AU pada umumnya dan Lanud Sutan Sjahrir pada khususnya kepada masyarakat. Karena itu semua elemen kita libatkan," kata alumi AAU 1996 itu.

Sementara itu, Wali Nagari Piobang Syaffan Nur mengaku bangga karena daerahnya dijadikan sebagai salah satu lokasi dalam pelaksanaan Karya Bakti dan Bakti Sosial dalam rangka HUT TNI AU ke-73.

baca juga: Alasan Keselamatan, Belajar Tatap Muka di Lima Puluh Kota Diundur

"Ini adalah kebanggaan bagi kami masyarakat Piobang atas perhatian dari TNI AU . Kami pun siap membantu dalam menyukseskan kegiatan pembangunan di desa kami ini," terangnya.(*)

Penulis: Taufik Hidayat